Pernyataan Cak Nanto Soal 'Kafir', Ini Kata Kader Muda Muhammadiyah

Senin, 04 Maret 2019 - 22:13 WIB
Pernyataan Cak Nanto Soal Kafir, Ini Kata Kader Muda Muhammadiyah
Pernyataan Cak Nanto Soal 'Kafir', Ini Kata Kader Muda Muhammadiyah
A A A
JAKARTA - Kader Muda Muhammadiyah Pamekasan Syarifuddin menganggap pernyataan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PPPM) Sunanto atau akrab disapa Cak Nantosoal 'kafir' tidak sesuai dengan apa yang disampaikan.

Menurut dia, Cak Nanto tidak pernah mengatakan ‘sepakat’ dengan penghapusan sebutan kafir kepada non-muslim Indonesia sebagaimana yang direkomendasikan dalam sidang komisi bahtsul masail maudluiyyah Musyawarah Nasional Alim Ulama NU.

"Masalahnya adalah ketidaksesuaian antara apa yang dikutip dengan pemberian judul berita. Apa diberitakan di salah satu media adalah menghilangkan substansi pesan dengan judul yang mereduksi pendapat aslinya," katanya dalam pesan tertulisnya, Senin (4/3/2018).

Dia mengimbau, media massa maupun masyarakat diminta agar mengisi ruang publik, terutama media sosial dengan narasi yang sejuk dengan mengedepankan tabayyun. Tidak dengan prasangka.

"Sebagai bangsa yang beradap, mari mananggapi hasil Mubes NU terkait pelarangan penggunaan kata "kafir" dengan dengan bijak. Kita bisa saja tidak setuju, mari ekspresikan ketidaksetujuan dengan narasi-narasi dialogis tanpa ada umpatan apalagi fitnah dan prasangka," imbuhnya.

Sementara itu, Adik Panti Cak Nanto dan Dosen di salah satu PTM, A Hidayat mengatakan, seolah setiap kali Cak Nanto mengemukakan pendapatnya, disaat itu juga ada kotroversial. Sebuah kontroversial yang tidak jarang dibarengi dengan hujatan, makian dan bullying fisik yang kasar.

"Kemarin sore, di tengah kegaduhan medsos yang meghujatnya. Saya putuskan untuk menghubungi dia (Cak Nanto). Rasanya aneh saja, setiap ada tuduhan bahkan hujatan, seolah Cak Nanto diam saja padahal tidak susah bagi dia membuat klarifikasi terkait pendapatnya yang seolah digesting berbeda dengan aslinya," katanya.
"Cak, kok sampean diam saja. mbok kasih klarifikasi, minimal di medsos?" Dengan gaya santainya dia menjawab dengan santainya "santai lek, saya tidak ingin berdebat dengan apa yang sebenarnya tidak saya maksudkan. Berdebat secara keras hanya menambah kebisingan dan saya tidak ingin berhadap-hadapan dengan sesama saudara Muslim" khas gaya cak Nanto menunjukkan kematangannya," terang Hidayat.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6602 seconds (0.1#10.140)