Respons Ustaz Abdul Somad Soal Video Penyebutan Kafir

Senin, 04 Maret 2019 - 06:02 WIB
Respons Ustaz Abdul Somad Soal Video Penyebutan Kafir
Respons Ustaz Abdul Somad Soal Video Penyebutan Kafir
A A A
JAKARTA - Sebuah cuplikan video Ustaz Abdul Somad (UAS) viral di media sosial. Video itu berisikan ceramah tentang istilah kafir yang baru-baru ini menjadi perdebatan di masyarakat akibat keputusan PBNU yang melarang penyebutan kafir bagi seseorang non muslim.

Dalam ceramahnya di video berdurasi satu menit itu, UAS mempertanyakan larangan menyebut dengan istilah kafir. Padahal saat itu UAS hanya menjelaskan pertanyaan seorang jamaah mengenai hukum ceramah dengan mengutip ayat-ayat kafir.

"Gimana ceramah enggak boleh menyebut kata kafir," ujar Ustaz Somad di dalam penggalan video tersebut.

Namun, saat dikonfirmasi, Ustaz Somad mengklarifikasi videonya tersebut. UAS mengatakan, video itu adalah video lama yang diunggah kembali oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Hingga saat ini, Ustaz Somad belum pernah berkomentar mengenai hasil dari Bahtsul Masail NU tentang kafir.

"Ini ceramah sekitar 2 tahun lalu. Ana belum komen tentang hasil bahtsul masail NU tentang kafir," bebernya dalam pesan singkat kepada sahabatnya yang juga penulis novel Haji Backpacker, Aguk Irawan.

"Ana selalu dibenturkan dengan NU. Semoga Allah selamatkan kita dari fitnah," imbuh Ustaz Somad.

Tak hanya itu, Ustaz Somad juga mengklarifikasi mengenai banyaknya foto bergambar dirinya yang disandingkan dengan capres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Salah satunya di sudut-sudut jalan di pedesaan, dia menegaskan, seluruh aktivitas dakwahnya sama sekali tak berkaitan dengan kegiatan politik atau dukung-mendukung calon tertentu. "Itu cuman comot, tidak ada izin," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1683 seconds (0.1#10.140)