RK Berbagi Ilmu Leadership dan Entrepreneurship ke Mahasiswa Indonesia di Singapura

Jum'at, 24 Mei 2024 - 18:40 WIB
loading...
RK Berbagi Ilmu Leadership dan Entrepreneurship ke Mahasiswa Indonesia di Singapura
Ridwan Kamil berbagi pengalaman kepada mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam lawatan ke Singapura, Ridwan Kamil (RK) tidak hanya mengisi kuliah umum di National University of Singapore (NUS). Namun juga berbagi pengalaman dengan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS).

Mantan gubernur Jawa Barat itu diminta menjadi salah seorang narasumber dalam talkshow bertajuk ’Navigate the Future: A Talk on Leadership, Entrepreneurship, and Experience. Selain RK, dalam talkshow yang berlangsung pada Selasa, 22 Mei 2024 itu turut hadir Atase Keuangan KBRI Singapura Heru Hardjanto AP.

RK mengungkapkan, anak-anak muda yang tengah menjalani studi di Singapura merupakan aset. Mereka adalah masa depan bagi Indonesia. Karena itu, dia mengaku senang mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan mereka. ”Apalagi topiknya soal leadership dan entrepreneurship. Sangat penting untuk generasi penerus yang nantinya akan menjadi pemimpin masa depan,” ungkap dia.



Kepada para pelajar dan mahasiswa asal Indonesia di Singapura, pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu membagikan pengalamannya saat memimpin Kota Bandung dan Jawa Barat. Keberhasilan memimpin daerah selama sepuluh tahun, kata dia, dibarengi dengan kolaborasi serta dukungan dari anak-anak muda.

”Jawa Barat bisa tumbuh dan berkembang, salah satunya karena kami terbuka untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah lain. Baik di dalam maupun luar negeri,” jelasnya.



Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan pengusaha lokal dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebab, peran UMKM sangat penting. Selain kental dengan nuansa lokal kedaerahan, Kang Emil menyampaikan UMKM adalah tulang punggung yang menggerakan roda perekonomian.

”Maka anak-anak muda harus berani menjadi pengusaha. Jangan takut gagal. Sebaliknya harus optimistis dan percaya diri,” pesan pria berdarah Sunda tersebut.

Kang Emil pun menjadikan dirinya sebagai sampel. Setelah tidak lagi bertugas sebagai kepala daerah, dia mengembangkan bisnis Food and Beverages (FnB) bernama Jabarano Coffee. Dari Bandung, bisnis itu berkembang. Bahkan sudah bersiap untuk membuka outlet baru di Copenhagen, Denmark. Lebih dari itu, misi besar Jabarano Coffee adalah memasarkan kopi asal Jawa Barat ke berbagai belahan dunia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)
pixels