Wakili Jokowi, Airlangga Hadiri Nikkei Forum 2024 di Jepang

Jum'at, 24 Mei 2024 - 15:11 WIB
loading...
Wakili Jokowi, Airlangga Hadiri Nikkei Forum 2024 di Jepang
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Bersama PM Malaysia Mahathir Mohamad. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Nikkei Forum 2024 di Tokyo, Jepang. Kehadiran Airlangga di Jepang melanjutkan kunjungan kerja di Republik Korea untuk meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi untuk Indonesia.

Di Nikkei Forum 2024 bertajuk 'The Future of Asia 2024', Airlangga turut dalam bagian Commermorative Dinner yang dibuka dengan sambutan dari Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. Pertemuan internasional yang digelar tiap tahun oleh Nikkei Inc sejak 1995 ini dianggap sebagai salah satu konferensi global terpenting di Asia.



Para pimpinan politik, ekonomi, dan akademisi dari kawasan Asia-Pasifik menyampaikan pendapat mereka secara terbuka dan bebas mengenai isu regional dan peran Asia di dunia. Airlangga mengatakan, dalam pertemuan itu, PM Kishida menegaskan komitmennya untuk mendorong program unggulan Asia Zero Emision Community (AZEC) bersama ERIA, think thank ternama di Asia yang juga memiliki kantor di Jakarta.

"AZEC yang di Indonesia merupakan kerja sama melalui Joint Commitee antara METI Jepang dengan Kemenko Perekonomian direncanakan menggelar Ministerial meeting di Jakarta bulan Agustus tahun ini," kata Ketua Umum Partai Golkar ini di Tokyo, Kamis (23/5/2024) waktu setempat.

Selain sambutan dari PM Kishida dan para pemimpin politik, acara ini juga mencakup serangkaian diskusi panel yang menampilkan para ahli dari berbagai bidang.

Topik-topik yang dibahas antara lain kerja sama regional untuk membangun ekosistem digital, upaya Asia untuk mencapai nol karbon, peran Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan dalam keamanan regional di Asia Timur Laut, dan sebagainya.

Indonesia, Jepang, dan ASEAN bakal merumuskan strategi selama satu dekade ke depan dalam Nikkei Forum yang juga menjadi wadah opini bergengsi dunia tersebut.

Acara ini juga dihadiri PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Thailand Srettha Thavisin, Deputi PM Vietnam Le Minh Khai, Deputi PM Singapura Gan Kim Yong, Deputi PM Cambodia Sun Chanthol, Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad, serta dihadiri sejumlah Chairman/CEO perusahaan besar beserta para profesor dari berbagai universitas ternama dunia.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)
pixels