Jokowi Akan Kunjungi Lokasi Banjir Lahar Dingin dan Longsor di Sumbar

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:32 WIB
loading...
Jokowi Akan Kunjungi Lokasi Banjir Lahar Dingin dan Longsor di Sumbar
Mensos Tri Rismaharini mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi lokasi banjir lahar dingin dan longsor yang terjadi di Sumatera Barat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi lokasi banjir lahar dingin dan longsor yang terjadi di Sumatera Barat . Bencana itu diketahui telah merenggut 50 korban jiwa.

"Bapak Presiden Insya Allah akan mengunjungi (bencana di Sumbar)," ujar Risma di Kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2024).



Hanya saja, Risma belum mengetahui kapan Jokowi akan berkunjung. Namun demikian, ia menyebut bahwa persiapan pengungsi telah dilakukan.

"Cuman waktunya kapan belum tahu, tapi yang jelas kami sudah siapkan untuk pengungsi-pengungsi," jelasnya.

Risma menjelaskan hingga saat ini Basarnas masih melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban-korban. Hingga pagi ini, Risma menyebut terdapat sebanyak 57 korban meninggal dunia atas bencana itu.

"Jadi terus bergerak. Basarnas terus mencari korban yang hilang cuman mungkin karena laharnya cukup deras sehingga perlu identifikasi," kata dia.

Sebelumnya, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto mengatakan korban jiwa yang meninggal dunia akibat bencana tersebut tercatat menjadi 50 orang, 27 orang hilang, 37 orang luka-luka, serta 3.396 jiwa mengungsi.

Adapun rincian dengan korban meninggal dunia di antaranya Kota Padang Panjang 2 orang, Kabupaten Agam 20 orang, Kabupaten Tanah Datar 19 orang, Kota Padang 1 orang, dan Kabupaten Padang Pariaman 8 orang.



"Datanya akan berkembang terus. Untuk membantu mencari (korban) yang masih hilang alat berat itu masuk harus secepat mungkin karena kan Basarnas punya golden time di 6x24 jam, kita akan tetap upayakan mencari sampai ketemu apabila ada pihak keluarga atau ahli waris yang minta tetap dicarikan ya kita harus cari," ujar Suharyanto dikutip Selasa (14/5/2024).
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)
pixels