BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Rabu, 08 Mei 2024 - 15:12 WIB
loading...
BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN
BIN memandang antara BIN dan Ibu Kota Nusantara (IKN) perlu peningkatan sinergi. Hal ini dikatakan oleh Sestama BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo. Foto/Ilustrasi IKN/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) memandang antara BIN dan Ibu Kota Nusantara (IKN) perlu peningkatan sinergi. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo.

Menurutnya, sinergi dan kolaborasi kedua institusi sangat dibutuhkan dalam menghadapi perubahan lingkungan stratejik yang semakin kompleks, baik dalam tataran global maupun regional.

"Kerja sama yang erat antara IKN dan BIN sangat vital dalam menghadapi ancaman yang berkembang, mulai dari keamanan konvensional hingga ancaman siber," kata Komjen Pol Bambang, Rabu (8/5/2024).

Sestama BIN itu melanjutkan, institusi yang dipimpin oleh Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan ini, siap bersinergi dengan OIKN dalam rangka menguatkan sistem pertahanan dan keamanan di IKN.



Salah satu upaya tersebut dilaksanakan melalui penyiapan Sistem pertahanan dan keamanan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terpusat pada One Signal Network.

Di tempat yang sama, Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya menjelaskan, IKN akan menjadi pusat pemerintahan yang aman, modern, dan berkelanjutan.

"Sistem pertahanan dan keamanan yang dibangun melalui Hankamrata yang mengintegrasikan berbagai aspek pertahanan militer dan nonmiliter, yang selaras dengan diplomasi dan didukung oleh pertahanan cerdas yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan," terangnya

Sementara itu, konsep smart security yang telah dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) Pertahanan dan Keamanan IKN pada Oktober 2023 lalu, telah menjadi landasan penting dalam penyusunan strategi keamanan cerdas di IKN.

"Kami telah mengintegrasikan konsep smart security ini dengan kebijakan dan program yang sedang berjalan, termasuk dengan pihak-pihak terkait seperti BIN dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di IKN," tutup Jaka.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)