DMII Gelorakan Semangat Sadar Bencana bagi Rakyat Indonesia

Rabu, 16 Januari 2019 - 19:20 WIB
DMII Gelorakan Semangat Sadar Bencana bagi Rakyat Indonesia
DMII Gelorakan Semangat Sadar Bencana bagi Rakyat Indonesia
A A A
JAKARTA - Berada di wilayah banyak gunung api membuat Indonesia menjadi rawan kebencanaan. Kepedulian masyarakat atas ancaman bencana berbanding terbalik dengan risiko yang ada.

Marketing Communication Disaster Manajemen Institut of Indonesia (DMII) Ridho Rahmadan mengatakan, pihaknya fokus pada edukasi dan pelatihan kebencanaan.

"Kami lembaga edukasi dan training di kebencanaan. Kami fokus di bidang riset kebencanaan dan banyak hal-hal tentang kebencanaan. DMII punya tujuan ingin mengubah awareness masyarakat Indonesia," kata Ridho di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Ia menambahkan, kewaspadaan masyarakat terhadap bencana masih kurang. Saat bencana terjadi, warga langsung menaruh perhatian tinggi.

"Bisa dilihat dari gempa Lombok dan Palu. Begitu kejadian di Palu, Lombok langsung turun. Setelah di Palu ada tsunami Selat Sunda kemudian turun," lanjutnya.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi soal mitigasi bencana di Lombok, Palu, Medan dan Sumbawa.

"Kami bekerja sama dengab lembaga, komunitas, dan media untuk lebih ke publish mitigasi bencana. Selain bekerja sama dengan pihak tersebut, kami juga ada tim ahli Universitas Mataram dan ITB dalam hal riset dan komunitas geologi mereka mendeteksi pergerakan bumi," tutupnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6016 seconds (0.1#10.140)