Gempa Garut Dirasakan ke Sejumlah Daerah, Begini Penjelasan BMKG

Minggu, 28 April 2024 - 11:11 WIB
loading...
Gempa Garut Dirasakan ke Sejumlah Daerah, Begini Penjelasan BMKG
Ketua BMKG Dwikorita Karnawati membeberkan alasan mengapa gempa garut dirasakan hingga ke sejumlah daerah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 yang berpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu, 27 April 2024 tadi malam. Guncangan tersebut dirasakan hingga ke sejumlah daerah.

Ketua Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, menjelaskan hal itu terjadi disebabkan titik gempa tersebut berpusat di kedalaman 70 kilometer. Dengan kedalaman tersebut, tentu membuat sebaran daripada getaran gempa pun akan semakin luas.

"Hal ini mengakibatkan radiasi atau sebaran gelombang gempa ini, sebaran getarannya ini memang akan terasa semakin luas. Jadi semakin dalam itu terasa semakin luas," kata Dwikorita, Minggu (28/4/2024) pagi.



Sebaliknya, kata dia, jika semakin dangkal pusat gempa tersebut maka potensi sebarannya ke sejumlah wilayah lainnya pun akan semakin kecil.

"Kalau semakin dangkal, itu lebih lokal dampak getarannya, tapi relatif lebih merusak karena lebih dekat dengan sumber gempa meskipun magnitude-nya tidak sekuat yang terjadi kemarin. Kalau dalam seperti kemarin ini, spektrumnya, radiasi dari gelombang gempa ini akan lebih luas, hingga mencapai Jawa Timur juga," ujarnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)