Komunitas Tionghoa Sukabumi Sebut Upacara Bendera Penting Bangun Patriotisme

Senin, 17 Agustus 2020 - 12:01 WIB
loading...
Komunitas Tionghoa Sukabumi Sebut Upacara Bendera Penting Bangun Patriotisme
Berupaya meningkatkan rasa nasionalisme di masing-masing hati anggotanya, sejumlah warga keturunan Tionghoa di Sukabumi menggelar upacara bendera di HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Berupaya meningkatkan rasa nasionalisme di masing-masing hati anggotanya, sejumlah warga keturunan Tionghoa di Sukabumi menggelar upacara bendera di Hari Ulang Tahun ( HUT) Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia .

Mereka yang tergabung dalam komunitas PSMTI (Perkumpulan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia), HAKKA, Yong Chun, Fu Qing, Vihara Whidisakti dan INTI menjalankan upacara di Lapangan Komplek Ruko Danalaga Squaer, Sukabumi, Senin (17/8/2020). (Baca juga: Tak Semeriah Tahun Sebelumnya, Upacara HUT RI di Istana Merdeka Tetap Berlangsung Khidmat)

Menurut Ketua PSMTI Sukabumi Tan Wijaya, perayaan HUT Kemerdekaan RI merupakan salah satu bagian yang sangat penting. "Upacara bendera ini penting untuk membangun patriotik di hati masing-masing orang Tionghoa khususnya dan masyarakat luas pada umumnya," ungkap Tan Wijaya melalui pernyataan tertulisnya, Senin.

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kata Tan Wijaya, komunitas Tionghoa sudah harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotik. Dengan demikian, mereka bisa terus berkontribusi kepada NKRI.

Hari Kemerdekaan ini juga diharapkan bisa menjadi momentum bersatunya serta sejahtera dan makmurnya seluruh masyarakat Tanah Air, termasuk juga etnis Tionghoa. Di samping itu, Tan Wijaya juga berkeinginan seluruh masyarakat etnis Tionghoa dapat membaur dengan masyarakat sekitarnya dan hidup saling menghormati satu dengan yang lainnya. ( )

Sementara itu, upacara bendera yang dilaksanakan ini juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah dan WHO, seperti wajib menggunakan masker, cuci tangan dan protokol kesehatan lainnya. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Ketua Panitia, Hasan Ichsan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5995 seconds (0.1#10.140)