Puncak Arus Mudik Jalur Gentong Diprediksi Besok

Sabtu, 13 April 2024 - 09:08 WIB
loading...
Puncak Arus Mudik Jalur Gentong Diprediksi Besok
Lalu lintas Jalur Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, terpantau lancar, Sabtu (13/4/2024) pagi. Puncak arus mudik Lebaran 2024 di Jalur Gentong, diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024) besok. FOTO/MPI/DANAN DAYA ARYA PUTRA
A A A
TASIKMALAYA - Puncak arus balik Lebaran 2024 di Jalur Gentong , Tasikmalaya, Jawa Barat, diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024) besok. Sebab, aktivitas perkantoran akan kembali normal pada Senin (15/4/2024).

"Prediksi kita hari Minggu, puncak arus balik diprediksi sampai hari Minggu, karena hari Senin itu sudah mulai masuk kerja, dan kantor juga sudah mulai beraktivitas," kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Iskandar kepada wartawan, Jumat (12/4/2024) malam.

Kepadatan volume kendaraan di Jalur Gentong, Tasikmalaya biasanya terjadi pada sore hingga malam hari. Untuk mengurai kepadatan volume kendaraan tersebut, polisi biasanya memberlakukan skema one way.



Skema one way akan diberlakukan jika wilayah Garut dianggap siap menerima lonjakan kendaraan dari jalur Gentong. Sebab jika wilayah Garut tak siap menerima lonjakan volume kendaraan, hal tersebut justru akan mengakibatkan kemacetan yang panjang.

"Kita akan melakukan kembali one way apabila daerah Garut sudah memungkinkan untuk menampung arus yang dikuras dari wilayah kota Tasikmalaya," ujar Iskandar.

Polisi juga telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas jika nantinya terjadi kemacetan panjang di jalur Gentong. Kendaraan yang mengarah ke Bandung akan dialihkan ke wilayah Singaparna.



"Apabila kepadatan sudah tidak bisa terelakkan dan Gentong situasi sudah padat kita bisa mengalihkan ke arah Singaparna," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau agar para pengendara selalu mempersiapkan kondisi kesehatannya dan kendaraan jika hendak melintas jalur Gentong. Sebab jalur ini memiliki tanjakan dan belokan yang curam.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)