Salat Jumat di Rest Area Km 86 Tol Cipali Penuh, Pemudik Minta Musala Diperluas

Jum'at, 12 April 2024 - 15:07 WIB
loading...
Salat Jumat di Rest Area Km 86 Tol Cipali Penuh, Pemudik Minta Musala Diperluas
Puluhan pemudik baru saja menunaikan salat Jumat di musala yang terletak di Rest Area kilometer (Km) 86 A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jumat (12/4/2024) siang. Foto/Suparjo Ramalan
A A A
JAKARTA - Puluhan pemudik baru saja menunaikan salat Jumat di musala yang terletak di Rest Area kilometer (Km) 86 A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jumat (12/4/2024) siang. Sebab, tempat ibadah itu tak mampu menampung banyaknya jemaah.

Begitu banyak pemudik yang tidak kebagian tempat di dalam musala, lantaran ukuran bangunannya cukup kecil. Sehingga, jamaah lainnya luber sampai ke luar untuk menunaikan ibadah wajib.

Meski demikian, para pemudik tidak mengeluh, mereka tetap menunaikan salat Jumat dengan khusyuk hingga selesai, di tengah sinar matahari yang begitu terik. Brojo, seorang pemudik tujuan Klaten, Jawa Tengah (Jateng), tidak mempersoalkan bila dirinya tidak kedapatan tempat di dalam musala.



Baginya, menjalankan kewajiban meski berada pelataran gedung peribadatan sudah cukup. Kendati begitu, dia menyarankan agar pihak Astra Infra sebagai pengelola Rest Area Km 86 A dapat memperluas lagi kapasitas musala.

Pantauan MNC siang tadi, ukuran gedung itu hanya cukup menampung puluhan jamaah saja.

Menurutnya, perbaikan luas mushola akan bisa memenuhi kebutuhan orang yang ingin menunaikan sholat, tidak hanya di hari jumat. Namun, hari lain untuk berbagai ibadah.

“Kalau hari H atau H-1 kan kita gak tau ya, mungkin hari H atau H-1 itu misalnya di hari jumat itu kapasitasnya kurang ya, tapi kalau ini sih cukup sih, masih bisa di pelataran masjid kan masih bisa,” ujar Brojo saat ditemui di lokasi.

Sejak pagi tadi, ratusan kendaraan roda empat membludak di Rest Area kilometer 86 A Tol Cipali. Parkiran sudah dipenuhi kendaraan.

Kepadatan juga terjadi pintu masuk rest area, sehingga membuat antrean panjang hingga ke bahu tol. Untuk menghindari semakin membludaknya area, petugas membatasi waktu singgah kendaraan dan penumpang maksimal 30 menit saja.

Adapun, kendaraan yang mampir di Rest Area Km 86 A merupakan pemudik dari arah barat ke timur. Meski di hari kedua Lebaran, aktivitas mudik atau pulang kampung masih dilakukan pada Jumat hari ini.

Mereka pun beristirahat sejenak di rest area setelah menempuh perjalanan panjang. Brojo misalnya mengaku melakukan mudik menuju Klaten di hari kedua Lebaran dan mengambil waktu istirahat sebentar di Rest Area Km 86 A.

“Hari pertama Lebaran di Jakarta, hari kedua mudik ke Klaten. Alasan mampir di sini (rest area) untuk kejar salat Jumat,” paparnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)