Jadi Khatib Salat Id di UGM, Mahfud MD Sampaikan Pesan Ini untuk Indonesia

Rabu, 10 April 2024 - 09:22 WIB
loading...
Jadi Khatib Salat Id di UGM, Mahfud MD Sampaikan Pesan Ini untuk Indonesia
Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menjadi khatib dalam Salat Idulfitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan di halaman Graha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta, Rabu (10/4/2024). Foto/MPI
A A A
YOGYAKARTA - Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menjadi khatib dalam Salat Idulfitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan di halaman Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu (10/4/2024). Mahfud menilai saling memaafkan antarmanusia menjadi bagian menyusikan diri setelah menjalankan ibadah berpuasa dengan harapan Indonesia bisa lebih baik.

“Filosofi puasa menyucikan diri. Tapi menyucikan diri sejalur belum diklasifikasi ke orang lain kepada orang secara langsung,” ujar Mahfud. Sedangkan imam oleh Imam Muda Masjid Kampus UGM Muhamad Farhan Najib.



Filosifi inilah kemudian memunculkan tradisi saling meminta maaf antar manusia. Hal ini banyak dilaksanakan masyarakat di berbagai daerah. Usai melaksanakan Salat Id, masyarakat akan saling mengunjungi dan melaksanakan tradisi saling meminta maaf.

“Tradisi Tradisi saling meminta maaf, di antara anak bangsa untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik, di bidang politik, sosial maupun ekonomi,” tuturnya.

Kehadiran ya di kampus UGM saat ini juga menjadi bagian mmebangun peradaban yang lebih baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.



“Makanya saya di kampus. Semoga Indonesia bisa menatap masa depan lebih baik dengan persatuan,” katanya.

Usai melayani pertanyaan wartawan, Mahfud MD langsung pergi meninggalkan lokasi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)