Perhutani Dukung Program Bebas Sampah di Cikole Lembang

Jum'at, 05 April 2024 - 22:01 WIB
loading...
Perhutani Dukung Program Bebas Sampah di Cikole Lembang
Perum Perhutani bersama anak perusahaannya ‘Econique’ Perhutani Alam Wisata (PT Palawi Risorsis) mendukung dan menyukseskan program ‘Cikole Kampung Re/Up Cycle Bebas Sampah’. Foto: Ist
A A A
BANDUNG - Perum Perhutani bersama anak perusahaannya ‘Econique’ Perhutani Alam Wisata (PT Palawi Risorsis) mendukung dan menyukseskan program ‘Cikole Kampung Re/Up Cycle Bebas Sampah’.

Langkah ini merupakan pemberdayaan ekonomi dan lingkungan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan mitra wisata di kawasan Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung serta sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.



Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani Dewi Fitrianingrum mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun wilayah tanpa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta membangun taman dengan konsep re/up cycle garden.

Mempercepat itu, kegiatan dilaksanakan mulai dari penyediaan sarana dan prasarana untuk mengelola sampah hingga teknologi konversi sampah plastik residu dan segala sampah menjadi berharga serta melibatkan masyarakat sekitar tempat wisata.

Kemudian, juga melibatkan komunitas perempuan/ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat, komunitas peduli sampah, pengunjung atau wisatawan, karyawan pengelola wisata dan pemerhati sampah.

"Kami juga memberikan pelatihan pengelolaan sampah kepada puluhan anggota LMDH dan mitra wisata di kawasan Cikole pada Rabu,3 April 2024," ujar Dewi, Jumat (5/4/2024).

Dalam kegiatan itu, Perhutani menggandeng Konsultan CSR, Pemerhati Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat dan Praktisi Pendidikan Arya Hindrarprayoga dan Ketua pengelola pantai Seminyak, Bali, dan Pengelola Tempat Penampungan Sementara (TPS) 3R Desa Adat Seminyak Bali sebagai salah satu TPS 3R terbaik di Indonesia I Komang Ruditha Hartawan untuk memberi pelatihan.

Termasuk penyerahan bantuan TJSL kepada Plt Direktur Utama PT Palawi Risorsis Maman Rosmantika berupa 2 motor listrik bak sampah khusus sampah organik dan sampah anorganik serta 10 tong sampah pilah organik dan anorganik yang diberikan di Cikole Jayagiri Resort, Lembang, Bandung, Kamis (4/4/2024).

Koordinator Asisten Deputi (Asdep) Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Teddy Poernama menuturkan pembangunan pariwisata berkelanjutan merupakan suatu upaya yang melibatkan berbagai pihak dengan fokus pada aspek 5P yang menggerakkan keberlanjutan yakni Profit, People, Prosperity, Peace, dan Partnership.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)