Arab Saudi Izinkan Habib Rizieq Pergi ke Malaysia

Selasa, 13 November 2018 - 19:01 WIB
Arab Saudi Izinkan Habib Rizieq Pergi ke Malaysia
Arab Saudi Izinkan Habib Rizieq Pergi ke Malaysia
A A A
JAKARTA - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi melakukan pertemuan dengan pengurus Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.Mereka membahas berbagai hal termasuk persoalan yang menimpa Habib Rizieq Shihab.
"Tadi kita bahas tentang HRS (Habib Rizieq Shihab), beliau bilang dia kan diplomat, dia bilang Habib Rizieq adalah pemimpin umat Islam, warga negara Indonesia, banyak pendukung berakhlak mulia dan dia hidup bebas di negara Saudi Arabia dan tidak pernah melakukan kewenangan. Tidak ada sama sekali berkaitan dengan kriminal," tutur Ketua Bidang Luar Negeri PP Muhammadiyah, Muhyiddin Junaidi, di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Muhyiddin menyebut, Osama bahkan mengungkapkan pihaknya berjanji mengizinkan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu untuk menyelesaikan studi strata 3 (S-3) di Malaysia. Walaupun Rizieq sempat ditahan otoritas Arab Saudi untuk berpergian keluar negeri.

"Bahwa Pak Habib orang baik, dia tidak tahu. Dia adalah korban. Seandainya HRS orang jahat dia sudah dideportasi. Bahkan beliau berjanji HRS akan diizinkan untuk pergi ke malaysia menyelesaikan pendidikan S-3 nya," ungkapnya.

Menurut dia, Pemerintah Arab Saudi tidak mempermasalahan keberadaa Rizieq di sana meski izin tinggalnya sudah melewati batas. Termasuk persoalan bendera tauhid yang sempat ditemukan di dinding rumah Rizieq.

Dia menjelaskan dakam kasus itu, Rizieq hanya korban. "Pak HRS itu bukan diperiksa, Pak Habib Rizieq itu memberikan penjelasan, keterangan tentang bendera tauhid yang ditempelkan di belakang rumahnya. Dia adalah korban, dia bukan tertuduh, dia bukan ditahan, dia itu memberikan penjelasan lengkap," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6084 seconds (0.1#10.140)