Naskah Proklamasi Tulisan Soekarno Ditampilkan di Istana Merdeka Besok

Minggu, 16 Agustus 2020 - 14:51 WIB
loading...
Naskah Proklamasi Tulisan Soekarno Ditampilkan di Istana Merdeka Besok
Naskah proklamasi asli tulisan tangan Soekarno akan dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020 besok. FOTO/DOK. BIRO PERS SETPERS
A A A
JAKARTA - Naskah proklamasi asli tulisan tangan Soekarno akan dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020 besok.

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut hari ini. Serah terima ini dilakukan untuk dapat ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

"Hari ini kita saksikan bersama satu lagi perjalanan bangsa Indonesia bahwa ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani dikutip dari siaran pers Biro Pers Setpres, Minggu (16/8/2020).( )

Setelah dilakukan serah terima, naskah asli teks proklamasi tersebut akan dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana oleh Sekretariat Presiden. Dokumen bersejarah tersebut selanjutnya diserahkan kembali kepada ANRI pada 18 Agustus 2020 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penyimpanan dan perawatan terbaik.

"Insyaallah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI. Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda. Rekan-rekan masyarakat bisa mengikuti secara virtual di stasiun televisi ataupun secara virtual," katanya.

ANRI telah menyimpan naskah asli teks proklamasi tersebut di ruang penyimpanan khusus sejak 1992 silam. Berdasarkan catatan sejarah, naskah tersebut diselamatkan dan disimpan oleh BM Diah yang merupakan seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan. Lalu naskah tersebut diserahkan kepada Presiden Ke-2 RI Soeharto dan diteruskannya kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998 Moerdiono.( )

Moerdiono menyerahkan naskah tersebut kepada ANRI pada 1992 untuk disimpan dan dirawat dengan baik. Sejak saat itu, ANRI menyimpan naskah asli Teks Proklamasi yang bertulis tangan Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2880 seconds (0.1#10.140)