Survei: Perindo Partai Baru yang Berpotensi Besar Lolos ke Senayan

Jum'at, 26 Oktober 2018 - 16:23 WIB
Survei: Perindo Partai Baru yang Berpotensi Besar Lolos ke Senayan
Survei: Perindo Partai Baru yang Berpotensi Besar Lolos ke Senayan
A A A
JAKARTA - Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei mengenai tingkat keterpilihan atau elektabilitas partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019.

Dari 16 partai parpol peserta pemilu, tingkat keterpilihan PDIP masih berada di puncak dengan mengemas poin 29,5% disusul Gerindra 13,8%, Golkar 7,1%, PKB 4,3%.

Partai Demokrat, PKS, PPP serta Partai Perindo sebagai partai baru meraih angka di kisaran 3%. Uniknya, Perindo menjadi satu-satunya partai baru yang memiliki kans besar lolos ke Senayan.

"Perindo berpotensi besar untuk lolos ke senayan diantara partai baru," ujar Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin saat presentasi di Hotel Mercure, Sabang, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/2018).

Fajar menjelaskan, Perindo berpotensi besar lolos ke Senayan jika dilihat dari responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 19%. Sementara partai lainnya seperti PAN, Nasdem, Hanura, PBB, Garuda, PKPI, PSI dan Berkarya masih berada di kisaran 2% atau masih di bawah Perindo.

"(Perindo-red) berada di partai tengah dan masih banyak swing votter kalau diproporsi hanya Perindo yang lolos senayan," ungkap Fajar.

Survei JSI dilakukan pada 8-13 Oktober dengan jumlah responden awal 1.200, melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Teknik survei dilakukan dengan multistage random sampling dengan selang kepercayaan mencapai 95% dan margin of error sebesar lebih kurang 2,9%.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6418 seconds (0.1#10.140)