Jaga Semangat HUT RI di Tengah Pandemi, Lomba Digelar lewat Virtual

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:40 WIB
loading...
Jaga Semangat HUT RI di Tengah Pandemi, Lomba Digelar lewat Virtual
Ada yang berbeda pada peringatan HUT RI yang ke 75 yang jatuh pada tahun ini, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya di tengah pandemi Corona yang melanda. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perayaan hari kemerdekaan yang jatuh pada pada 17 Agustus selalu dimeriahkan dengan berbagai macam lomba. Namun ada yang berbeda pada peringatan HUT RI yang ke 75 yang jatuh pada tahun ini, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya di tengah pandemi Covid-19 (virus Corona) yang melanda.

Jika setiap tahunnya dalam rangka merayakan HUT RI berbagai lomba digelar di tengah lingkungan masyarakat namun kemungkinan tahun ini perayaan HUT RI akan sepi dari perlombaan khas 17-an, demi memutus penyebaran virus.
Jaga Semangat HUT RI di Tengah Pandemi, Lomba Digelar lewat Virtual

Demi tetap menjaga semangat kemerdekaan, 2 BUMD milik Pemprov DKI Jakarta yaitu Jakarta Experience Board (JXB) ex PT. Jaktour, dan PD Pembangunan Sarana Jaya, bekerja sama menggelar lomba 17-an dengan konsep lomba virtual secara online dan dilaksanakan dari rumah. Kegiatan lomba ini diberi hastag #merdekadarirumah. Lomba ini digelar dengan hadiah bernilai jutaan rupiah.

Direktur Utama Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan mengatakan, lomba virtual ini bertujuan untuk tetap menjaga semangat kemerdekaan namun tetap mematuhi protokol kesehatan jaga jarak demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Biarlah semangat kemerdekaan dapat dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk saling menjaga di tengah wabah Covid-19 tanpa mengadakan kegiatan yang menggundang massa. Untuk itu lomba virtual 'Merdeka dari rumah' ini kami gelar bersama dengan pihak JXB atau Jaktour untuk memeriahkan kegiatan HUT RI ke-75 secara virtual," kata Yorry, Sabtu (15/8/2020).

Sementara itu, Direktur Utama JXB, Novita Dewi mengatakan, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk tetap bisa merasakan perayaan hari kemerdekaan yang biasanya meriah di luar ruang, namun kali ini harus dilakukan dengan tetap tinggal di rumah.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, Nomor 14 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan/perlombaan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020, tidak menggelar acara perayaan dalam bentuk yang menyebabkan kerumunan dan berkumpulnya massa, mengawal bersama-sama pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan ikut mematuhi dan saling mengingatkan setiap waktu.

"JXB ingin masyarakat tetap merasakan gegap gempita perayaan hari kemerdekaan mesikpun dari rumah masing-masing, kalau biasanya 17-an ramai berkerumun di luar, kali ini karena kondisi pandemi harus jaga jarak dan memang arahan Bapak Gubernur untuk meniadakan kegiatan di luar ruang sebagai langkah menaati protokol kesehatan untuk kebaikan kita semua," ujar Novita.

Lomba 17-an yang digelar oleh 2 BUMD Jakarta yang bergerak di bidang perhotelan dan property ini terdiri dari serangkaian kegiatan kreatif virtual. Para peserta nantinya akan mengikuti lomba dengan terlebih dahulu mengikuti (follow) akun Instagram @JXBoard dan @perumdasaranajaya karena rangkain perlombaan akan diadakan secara online di akun IG tersebut.

Adapun jenis lomba virtual yang akan dipertandingkan antara lain:

1. Lomba menghias panjat pinang virtual. Peserta harus menghias tiang panjat pinang 17 Agustusan virtual sekreatif mungkin, yang paling kreatif akan mendapatkan hadiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3235 seconds (0.1#10.140)