Perwira Tinggi yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat, Nomor 1 dan 2 Ahli di Bidang Antiteror

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:33 WIB
loading...
Perwira Tinggi yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat, Nomor 1 dan 2 Ahli di Bidang Antiteror
Pasukan elite Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Perwira Tinggi (Pati) yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat . Rinciannya, satu perwira tinggi menyandang pangkat Bintang Dua dan dua perwira tinggi menyandang pangkat Bintang Satu.

Dikutip dari laman resmi kopasgat.tni-au.mil.id disebutkan, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) merupakan , pasukan elite TNI Angkatan Udara (AU). Pasukan ini telah beberapa kali berganti nama.

Pasukan ini awalnya bernama Komando Pasukan Gerak Tjepat (Kopasgat) yang ditetapkan pada 17 Oktober 1947. Dalam perjalanannya, Kopasgat kemudian berubah menjadi Kopaskhas. Namun pada pada Januari 2022 nama pasukan ini kembali menjadi Kopasgat.



Perubahan nama satuan elite TNI AU ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Nomor Kep/66/I/2022. Sejak dibentuk hingga saat ini, Kopasgat telah banyak mewarnai perjalanan bangsa Indonesia.

Berikut ini tiga perwira tinggi yang bertugas di Kopasgat:

Perwira Tinggi yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat, Nomor 1 dan 2 Ahli di Bidang Antiteror

1. Dankopasgat Marsda TNI Yudi Bustami

Marsekal Muda (Marsda) TNI Yudi Bustami saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di Kopasgat. Abituren Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 dari kecabangan Kopasgat dan mahir dalam bidang Antiteror (Detasemen Bravo 90) mengemban jabatan tersebut sejak November 2023.

Penunjukan Marsma TNI Yudi Bustami menjadi Dankopasgat tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tanggal 29 November 2023, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 27 Januari 2967 ini merupakan sosok perwira tinggi TNI AU yang memiliki karier cemerlang di militer. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Denbravo 90, Danyon Komando 464, Komandan Wing 3 Paskhas dan Komandan Wing 1 Paskhas.

Tidak hanya, dia juga pernah menjabat Inspektur Korpaskhas, kemudian Wadankorpaskhas. Lama bertugas di Korps Baret Jingga, dia kemudian ditugaskan sebagai Staf Khusus KSAU pada 2018, selanjutnya Pa Sahli Kasau Bidang Sumdanas hingga Pa Sahli Tk. II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Kariernya terus menanjak, dia kemudian dipercaya menjadi Pa Sahli Tk. II Poldagri Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI, kemudian Kaskogartap II/Bandung sebelum akhirnya menjabat sebagai Komandan Kopasgat sejak November 2023 hingga sekarang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)