Momen Unik Rekapitulasi Suara di Dapil Kalsel, Ada Satu Saksi untuk 3 Parpol

Selasa, 12 Maret 2024 - 21:33 WIB
loading...
Momen Unik Rekapitulasi Suara di Dapil Kalsel, Ada Satu Saksi untuk 3 Parpol
Terdapat momen unik saat proses rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional untuk Provinsi Kalsel, Selasa (12/3/2024). Terungkap ada satu saksi yang bertugas untuk 3 parpol. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat momen unik saat proses rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (12/3/2024). Terungkap ada satu saksi yang bertugas untuk 3 partai politik/parpol.

Momen ini diketahui ketika Ketua KPU Hasyim Asy’ari hendak mengesahkan rekapitulasi perolehan suara partai dan calon anggota legislatif (caleg) di Dapil Kalimantan Selatan I.



Awalnya Saidi, seorang saksi dari Partai Demokrat mempertanyakan ihwal C hasil salinan untuk suara PAN lantaran dianggap janggal perolehan suaranya.

Merespons itu, Hasyim menyoroti nama saksi Partai Demokrat itu yang dianggap berbeda. "Kalau boleh tahu ya. Ini Mas Zainuddin?" kata Hasyim.

"Saya Saidinur. Saidi," jawabnya.

Hasyim memastikan kembali bahwa saksi yang menandatangani atas nama Zainuddin. Nah, di sinilah terungkap sosok Zainuddin yang dimaksud.

"Dia juga Partai Demokrat, saksi Demokrat juga dia, yang hadir waktu pleno di provinsi," sahut Saidi.

Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa menambahkan bahwa Zainuddin merupakan saksi beberapa partai saat di kecamatan dan kabupaten.

"Mohon izin pimpinan, untuk saksi Zainuddin itu juga saksi dari Partai Buruh dan Partai Garuda. Waktu di kabupaten sebagai saksi Partai Buruh dan ketika di kecamatan sebagai saksi Partai Garuda, sebagai informasi," ujar Tenri.

Sementara, Hasyim menuturkan di provinsi Zainuddin menjadi saksi Partai Demokrat. Meski begitu, dia tak mempermasalahkan karena seorang saksi tak harus menjadi anggota partai.

"Ya berarti memang profesinya saksi, kesimpulannya kan begitu. Berarti dia profesional sebagai saksi. Di kecamatan Partai Garuda, di kabupaten jadi saksi Partai Buruh, multitalenta berarti orang ini," ucap Hasyim.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)