Hari Musik Nasional 2024, Fadli Zon Terima 5 Kategori Rekor MURI dan Luncurkan Vinyl Suara Senaja Dara Puspita

Minggu, 10 Maret 2024 - 14:03 WIB
loading...
Hari Musik Nasional 2024, Fadli Zon Terima 5 Kategori Rekor MURI dan Luncurkan Vinyl Suara Senaja Dara Puspita
Politikus Fadli Zon menerima 5 anugerah dari Museum Rekor Dunia -Indonesia Rekor MURI untuk kategori kolektor dan inisiator di Hari Musik Nasional. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Politikus Fadli Zon menerima 5 anugerah dari Museum Rekor Dunia -Indonesia Rekor MURI untuk kategori kolektor dan inisiator. Anugerah tersebut diberikan bertepatan dengan perayaan Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret.

Seperti diketahui, penetapan Hari Musik Nasional dimulai pada 2013 atas usulan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPPRI). Tanggal tersebut dipilih untuk menghormati Wage Rudolf Supratman, pahlawan nasional pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang lahir pada 9 Maret 1903.

Empat Kategori MURI yang dianugerahkan kepada Fadli Zon yakni sebagai kolektor. Di antaranya: Kolektor Poster Musik Terbanyak dengan jumlah lebih 400 piecies, Kolektor Fosil Ammonite Terbanyak dengan jumlah 700 piecies, Kolektor Herbarium Abad 19 Terbanyak dengan jumlah 1.000 piecies, dan Kolektor Topeng Afrika terbanyak.



Selain menerima empat rekor MURI sebagai kolektor, Fadli Zon juga menerima satu Rekor Dunia-Indonesia untuk kategori Orang Indonesia Ketua Delegasi Konferensi Parlemen Terbanyak (2014-2024) yang tercatat 116 kegiatan dalam berbagai konferensi parlemen internasional.

Penyerahan Rekor MURI diberikan oleh Panitia MURI di Rumah Kreatif Fadli Zon, Cimanggis, Depok. Rumah Kreatif Fadli Zon sendiri tahun lalu mendapatkan Rekor Muri sebagai Rumah yang Mempunyai Berbagai Koleksi Budaya Nusantara Terbanyak.



Bagi Fadli Zon, pencatatan rekor MURI ini adalah upaya pendokumentasian benda-benda budaya. “Saya sangat senang, menghargai, apresiasi, mudah-mudahkan kegiatan MURI ini memberikan inspirasi dan makin banyak inovasi maupun kreativitas yang tumbuh di masyarakat Indonesia,”, ucap Fadli Zon.

Dengan bertambahnya 5 Kategori MURI, bagi Fadli Zon ini merupakan MURI ke-54. Terakhir pada 2023, ia mencatatkan sejumlah rekor MURI, salah satunya Kolektor Indonesia Raya LP Shellac Gramafon. Ini rekaman pertama lagu Indonesia Raya tahun 1928 oleh Yo Kim Tjan dan dibuat di Inggris.

Fadli Zon juga menerima rekor MURI sebagai Kolektor Master Rekaman Indonesia Terbanyak dengan jumlah 12.000 pieces. Fadli juga memegang rekor MURI untuk koleksi kaset Indonesia terbanyak yaitu 22.000 kaset.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)