Gelar Karya Bakti 2024, TNI AL Perkuat Peran Masyarakat di Perbatasan

Kamis, 07 Maret 2024 - 23:57 WIB
loading...
Gelar Karya Bakti 2024, TNI AL Perkuat Peran Masyarakat di Perbatasan
TNI Angkatan Laut (AL) menggelar kegiatan Karya Bakti 2024 di wilayah perbatasan tepatnya di Kampung Nelayan Hamadi, Papua. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) menggelar kegiatan Karya Bakti 2024 di wilayah perbatasan tepatnya di Kampung Nelayan Hamadi, Papua. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan di wilayah kerja Lantamal X Jayapura ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Sebab, wilayah perbatasan mempunyai nilai strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional, untuk itu perlu pengamanan wilayah perbatasan secara optimal agar dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan keamanan masyarakat yang tinggal di perbatasan.

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) sekaligus penanggung jawab kegiatan Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) 2024 Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono mengatakan, target pemerintah dalam pembangunan kawasan perbatasan berupa dukungan dan penguatan peran masyarakat kawasan perbatasan melalui pendekatan kesejahteraan, keamanan, dan kelestarian lingkungan secara bersama-sama.



”Kegiatan sasaran fisik yang dilaksanakan berupa renovasi rumah ibadah dan tempat pendidikan anak usia dini serta renovasi rumah layak huni kolaborasi TNI Angkatan Laut dengan BAZNAS,” katanya, Kamis (7/3/2024).

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang pembekalan produk olahan perikanan, pengenalan digital marketing, bela negara dan hidup sehat.

“Kegiatan ini merupakan Program TNI AL yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dispotmaral dengan sasaran daerah perbatasan RI atau daerah terluar yang strategis dan rawan dari aspek pertahanan dan keamanan negara. Oleh sebab itu perlu mendapat perhatian khusus dalam hal pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat,” katanya.

Komandan Lantamal X Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ludi Prastyono menambahkan, Lantamal X sebagai Satuan Komando Kewilayahan TNI AL di Jayapura sangat mendukung penyelenggaraan Karya Bakti Wilayah Perbatasan 2024 di Kota Jayapura serta melaksanakan pembinaan potensi maritim di wilayah kerjanya melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat serta Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang Tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.



Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Rizaldi, Aspotmar Lantamal X Jayapura Letkol Mar Istepanus Ginting, Sekda Kota Jayapura Frans Pekey, Ketua Baznas RI diwakili Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Provinsi Papua Joko Dasri.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Faturachman, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Papua diwakili PPK BPP Provinsi Papua Dominggus Tappang, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Papua Anthonius M. Ayorbaba, Rektor Univ. Yapis Papua diwakili Rektor 1 Abdul Rasid,

Dirut Bank BNI diwakili Rianto Siregar dan Henry Silaban (Pemimpin BNI Cabang Jayapura), GM. Pelindo Regional 4 Jayapura diwakili Asmen Tehnik Reymond, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Prov. Papua Hans Luther Manam, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMA/SMK Nurjaya, Pimpinan Astra Motor diwakili Kabag Honda Costumer Care dan Kabag Technical Service Syamsul Ma'arif dan Harry Pranata, Perwakilan Univ Saint dan Teknologi Jayapura diwakili Presiden Mahasiswa Parobert Christian, Civitas Akademika STIE Port Numbay dan Ketua Yayasan Paud Mahikaye Oktovianus M. Woroba.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)