Luluk Nur Hamidah Optimistis Hak Angket Diajukan 2 Pekan Lagi

Rabu, 06 Maret 2024 - 16:38 WIB
loading...
Luluk Nur Hamidah Optimistis Hak Angket Diajukan 2 Pekan Lagi
Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR Luluk Nur Hamidah optimistis hak angket terkait Pemilu 2024 digulirkan ke pimpinan DPR pada dua pekan mendatang. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR Luluk Nur Hamidah optimistis hak angket terkait Pemilu 2024 digulirkan ke pimpinan DPR pada dua pekan mendatang. Adapun hak angket itu guna menyelidiki dugaan kecurangan pemilu.

“Kita harapkan seminggu, maksimal dua minggu ke depan kita sudah bisa ada progres secara official bersurat kepada DPR,” kata Luluk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Dia mengatakan, pengajuan hak angket DPR tak terbatas oleh waktu. Sebab, kata Luluk, angket merupakan hak konstitusional DPR.



Namun, pihaknya akan melayangkan angket ke pimpinan DPR bila syarat-syarat terpenuhi yakni, minimal 25 anggota DPR dari dua fraksi mengajukan angket DPR.

"Tetapi kan ini ada prosesnya ya teman-teman semua, jadi ndak bim salabim. Begitu kita submit kemudian otomatis hak angket itu jadi, kan tidak. Karena prosedur, mekanisme sebagaimana yang lain itu ada," ucap Luluk.

"Jadi harus kita sampaikan, lalu kemudian surat ini juga mesti dibahas di Bamus, kemudian nanti baru akan dibawa ke rapat paripurna terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan, baru setelah itu dibentuk apakah itu nanti namanya pansus, atau apalah," imbuhnya.

Ia menjelaskan, wacana hak angket DPR yang disuarakan dirinya di dalam Rapat Paripurna pada Selasa (5/3/2024) hanya sebatas pemanasan. Ia pun mengaku belum secara resmi mengajukan angket ke DPR dalam Rapat Paripurna kemarin.

"Memang secara official kita belum summit hak angket itu ke DPR. Kemarin itu baru pengumuman, jadi warming up," terang Luluk.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)