Kunker ke Paris, Ketua DPR Absen Rapat Paripurna di Tengah Wacana Hak Angket

Selasa, 05 Maret 2024 - 11:47 WIB
loading...
Kunker ke Paris, Ketua DPR Absen Rapat Paripurna di Tengah Wacana Hak Angket
DPR RI hari ini menggelar rapat pripurna pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - DPR RI hari ini menggelar rapat pripurna pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024. Dalam kesempatan ini, Ketua DPR Puan Maharani dikabarkan absen dalam rapat paripurna yang bakal menggulirkan wacana hak angket.

Berdasarkan informasi yang didapat, Puan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Paris, Prancis. Kunker Puan ini dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia atau Women Speakers' Summit 2024 di bawah naungan Inter-Parliamentary Union (IPU) yang merupakan asosiasi parlemen negara-negara di dunia.

Ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Puan selama kunjungannya ke Prancis. Sebelum menghadiri Women Speakers' Summit 2024, Puan akan melakukan bilateral meeting dengan Ketua Majelis Nasional Prancis, Madame Yaël Braun-Pivet.

Pertemuan Puan dengan Yaël Braun-Pivet akan berlangsung di kantor Majelis Nasional Prancis atau National Assembly of French yang berada di Paris pada Selasa (5/3/2024).



Padahal, wacana hak angket tengah menguat akan digulirkan pada Rapat Paripurna saat ini. Bahkan, sejumlah elemen masyarakat bakal menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI hari ini. Adapun tuntutannya, mendorong DPR RI segera menggulirkan hak angket atas kecurangan Pemilu 2024.

"Kita mendorong hak angket ini bisa segera digulirkan oleh DPR/MPR, karena MK kami sudah kehilangan trust, KPU Bawaslu. Harapan terakhirnya tinggal gedung DPR/MPR tuk dorong hak angket bisa digulirkan," Steering Committe Koalisi Nasional Penyelamat Demokrasi, Afandi Ismail, Senin, 4 Maret 2024.


Sekadar informasi, wacana angket DPR RI untuk menelisik kejanggalan pemilu dilontarkan oleh capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Wacana itu, bahkan langsung didukung oleh capres nomor urut 1, Anies Baswedan.

Bahkan, Koalisi Perubahan yang merupakan pengusung Anies-Muhaimin (AMIN) mendukung wacana Ganjar terkait penggunaan hak angket DPR RI untuk menyelidiki kejanggalan dalam proses Pemilu 2024.

Sikap itu diputuskan setelah para sekretaris jenderal (sekjen) Koalisi Perubahan saat melangsungkan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Februari 2024.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)