Kolaborasi dan Transparansi Dinilai Penting untuk Majukan Daerah

Rabu, 28 Februari 2024 - 23:28 WIB
loading...
Kolaborasi dan Transparansi Dinilai Penting untuk Majukan Daerah
Musrenbangkab RKPD-SB Tahun 2025 Kabupaten Tabanan yang dirangkaikan dengan Success Story Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya Wira atau Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kolaborasi dan transparansi dinilai penting untuk memajukan daerah. Kolaborasi ini bisa dengan pemerintah pusat, DPR, jajaran daerah, dan semua stakeholder.

Pandangan tersebut disampaikan oleh Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya dalam Musrenbangkab RKPD-SB Tahun 2025 Kabupaten Tabanan yang dirangkaikan dengan Success Story Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya Wira atau Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan.

Sanjaya mengungkapkan masa awal kepemimpinan Jaya Wira yang kala itu bersamaan dengan masa Pandemi Covid-19. Namun hal ini tak menyurutkan hati Jaya-Wira untuk memberikan motivasi untuk berkolaborasi bersama sekda, jajaran, semua Stakeholder dan anggota DPR, perbekel dan bendesa adat untuk kompak bersatu mengatasi semua persoalan yang ada di Tabanan.

"Sekarang pembangunan Tabanan sudah di atas rata-rata, bahkan kita beberapa melampaui provinsi, itu artinya apa, ini kerja kolaborasi yang sangat luar biasa," kata Sanjaya dalam keterangannya, Rabu (28/2/2024).



Komunikasi yang terbuka terarah dan transparansi kata Sanjaya, itu adalah awal. Ketika modal itu bisa dipegang bersama, Astungkara Tabanan Era Baru, Tabanan aman, unggul, dan madani bisa dicapai.

"Asal kita selalu kompak bersatu untuk mencintai masyarakat Tabanan yang kita banggakan. Tidak salah kita selalu memberikan spirit atau jargon, apa pun dilemannya, apa pun dinamikanya. Ini merupakan motivasi. Artinya tidak boleh mengeluh dengan keadaan, tapi bagaimana kita selalu berbuat untuk rakyat kita," ungkap Sanjaya.

Sementara Kepala Bappeda Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra menyampaikan apresiasinya. Hal ini terkait juga dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tabanan Tahun 2025.

Pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Sanjaya dan jajaran yang mampu membangun Kabupaten Tabanan, sehingga capaian Tabanan dalam pembangunan rata-rata lebih baik daripada Provinsi Bali di tahun 2020-2023 usai menghadapi pandemi covid-19.

"Hal ini berkat fondasi sektor pertanian di Tabanan yang masih kuat, sehingga mampu menumpu struktur ekonomis secara keseluruhan. Artinya kebijakan pembangunan ekonomi tabanan yang dikomandani Pak Bupati Sudah sangat tepat," ujar Ika Putra

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Tabanan, I Made Urip Gunawan, memaparkan laporannya terkait Musrenbangkab RKPD semesta berencana Kabupaten Tabanan Tahun 2025 yang dilaksanakan usai secara bertahap melangsungkan Musrenbang tingkat Desa dan tingkat Kecamatan sebelumnya.

"Tujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dengan menghimpun saran dan masukan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan untuk menyempurnakan rencana kerja pembangunan di Kabupaten Tabanan," tutur Urip Gunawan.

Diketahui, dalam kegiatan ini kehadiran Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya turut bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Rai Wahyuni Sanjaya, Wakil Bupati Tabanan beserta istri, Kepala Bappeda Provinsi Bali serta Sekda Tabanan beserta istri.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)