Pameran UMKM Jadi Langkah Awal Go International

Selasa, 27 Februari 2024 - 16:51 WIB
loading...
Pameran UMKM Jadi Langkah Awal Go International
Pameran UMKM yang digelar Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 pada 26-28 Februari 2024 menjadi langkah awal pelaku usaha unjuk gigi ke dunia internasional. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Pameran UMKM yang digelar Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 pada 26-28 Februari 2024 menjadi langkah awal pelaku usaha unjuk gigi ke dunia internasional.

Acara ini mempertemukan puluhan UMKM binaan Pupuk Indonesia yang memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada sejumlah pemangku kepentingan baik lokal maupun internasional dari berbagai negara seperti Maroko, Palestina, Polandia, Yordania, Qatar, dan Italia.



Meski baru pertama kali, namun antusias tinggi terlihat dalam acara itu. Terbukti 41 peserta hadir dengan 35 di antaranya merupakan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Sementara lima established brand dan Biofarma sebagai BUMN undangan.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mendukung promosi budaya Indonesia melalui produk wastra yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan pilar pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi yang dijalankan.

“Ajang ini sekaligus wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Sebanyak 257 UMKM di antaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif,” ujar Rahmad, Selasa (27/2/2024).

Dia optimistis karya UMKM memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif dan cerminan keberagaman budaya, tradisi, dan kreativitas yang melebur menjadi koleksi luar biasa dari para desainer dan pengrajin UMKM di Indonesia.

"Kami juga mengajak masyarakat bersama-sama mendukung pertumbuhan dan eksistensi UMKM di Tanah Air. Kegiatan ini diharapkan menjadi embrio dan berkelanjutan untuk kemajuan UMKM di Indonesia," katanya.

Pesona Kriya Pupuk Indonesia digelar dalam rangka memperingati HUT Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia Grup yang ke-8 ini diharapkan menjadi media pertukaran ide dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fesyen lokal.

Ketua PIKA-PI Grup Tata Rahmad Pribadi mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Terlebih kegiatan ini sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di 2024 yaitu “Women’s Support For Sustainability”.

“Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan peluang bagi seluruh UMKM untuk menjangkau pasar internasional,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2662 seconds (0.1#10.140)