Menpan RB: Pendaftaran CPNS Akan Dibuka April 2024

Senin, 26 Februari 2024 - 13:29 WIB
loading...
Menpan RB: Pendaftaran CPNS Akan Dibuka April 2024
Kemenpan RB menyebut pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) dijadwalkan dibuka pada April 2024. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara ( CPNS ) dijadwalkan dibuka pada April 2024.

“April selesai, April bisa dibuka. Berarti ini jauh lebih cepat biasanya kan September. Ini lebih cepat,” ungkap Azwar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Meski begitu, Azwar mengatakan pembukaan bisa dilaksanakan tergantung dengan kesiapan verifikasi formasi dari Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. “Ini masalahnya kemarin ada beberapa kementerian dan lembaga yang belum menuntaskan. Targetnya sih Maret,” katanya.



Azwar mengatakan target verifikasi formasi akan selesai pada Maret mendatang. Selain itu, akan tergantung juga dengan verifikasi untuk calon-calon yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). “Maret mesti sudah selesai. Nah nanti sangat tergantung lagi dengan verifikasi apakah ini kan persiapan PNS untuk di IKN,” ujarnya.



“Jadi memang nanti punya kualifikasi bagus, kemudian memang tenaga kerja yang diperlukan untuk di IKN kita khawatir yang diusulkan masih tenaga-tenaga teknis yang tidak terkait langsung dengan peningkatan produktivitas kinerja beredukasi di IKN,” ujar Azwar.

Azwar memastikan untuk pendaftaran CPNS saat ini sudah rapat koordinasi terus dengan seluruh kementerian lembaga. “Kita sudah sinkronisasi terus, supaya kementerian lembaga segera mengusulkan terkait dengan kebutuhan yang mereka perlukan,” katanya.

“Tapi kita kasih guidance terutama untuk yang memang diperlukan terutama pemerintah pusat untuk Otoritas IKN di masa yang akan datang. Itu kan ada 200.000 lebih ya untuk pemerintah pusat, yang fresh graduate,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)