Kejanggalan Sirekap, Sekjen Partai Perindo: Pemilu Bukan soal Angka-angka, tapi Legitimasi

Minggu, 25 Februari 2024 - 19:15 WIB
loading...
Kejanggalan Sirekap, Sekjen Partai Perindo: Pemilu Bukan soal Angka-angka, tapi Legitimasi
Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq buka suara menanggapi kejanggalan data yang dihasilkan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq buka suara menanggapi kejanggalan data yang dihasilkan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rofiq berharap, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa memberikan tindakan agar proses Pemilu 2024 berlangsung adil dan kondusif.

“Saya hanya mengingatkan kepada Ketua Bawaslu bahwa pemilu itu juga bukan hanya soal angka-angka, tapi pemilu itu soal legitimasi. Jadi, ini penting kita juga sangat menunggu kepada Bawaslu untuk mengambil langkah-langkah strategis,” kata Rofiq, Minggu (25/2/2024).

Untuk mencari kebenaran, Partai Perindo terus mencari data dari berbagai sumber yang dinilai terlalu banyak hal yang mencurigakan. Salah satunya, Partai Perindo melihat dari setiap daerah pemilihan (dapil) itu banyak sekali tempat pemungutan suara (TPS) yang blank atau kosong.





“Sebelum melaporkan kepada Bawaslu, Partai Perindo melakukan rekapitulasi sendiri lebih dahulu dan mencoba mencari C hasil yang tertutup langsung ke BPK dan sebagian besar juga kita dapatkan dan memang angkanya juga cukup besar,” ujarnya.

Rofiq menilai sistem rekapitulasi dalam Sirekap ini tidak menggambarkan apa-apa. Dia malah menemukan banyak sekali kejanggalan termasuk jumlah yang naik turun setiap saat.

“Jadi sistem ini memang bobrok sekali, ini pemilu berbiaya tinggi, teknologi tinggi tapi tidak menghasilkan informasi apa pun bahkan mendatangkan sebuah kegalauan yang sangat luar biasa dan tidak menenteramkan buat masyarakat kita,” kata dia.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)