Deddy Sitorus Sebut Ada Operasi Ambil Suara Perindo, Gelora, dan Ummat untuk Dialihkan

Kamis, 22 Februari 2024 - 17:11 WIB
loading...
Deddy Sitorus Sebut Ada Operasi Ambil Suara Perindo, Gelora, dan Ummat untuk Dialihkan
Politikus PDIP, Deddy Yevri Sitorus mengaku mendapat informasi ada operasi suara partai kecil untuk dialihkan, termasuk Partai Perindo. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejanggalan dalam proses penghitungan suara masih terjadi pada H+8 pemungutan suara. Buktinya, raihan suara Partai Perindo kian menyusut seiring berjakannya waktu.

Raihan suara calon legislatif (caleg) DPR Dapil Jawa Timur VI dari Partai Perindo, Venna Melinda misalnya. Suara aktris ternama Indonesia ini kian menyusut dari data penghitungan real count oleh KPU.

Dari pantauan di situs https://pemilu2024.kpu.go.id/ Venna meraih suara 17.069 suara pada 20 Februari 2024 per pukul 04.00. Suara Venna terkikis menjadi 10.957 pada data yang diperbaharui pukul 09.00 pada 22 Februari 2024. Bila dikalkulasikan, ada 6.112 suara Venna hilang dalam kurun waktu dua hari.



Tak hanya Venna, suara caleg DPR Dapil Jawa Timur VI dari Partai Perindo yang lain juga hilang. Caleg DPR Jeannie Maria Monica Latumahina, misalnya, yang mendapat 7.374 suara pada 20 Februari 2024 terkikis menjadi 1.604 suara pada 22 Februari 2024.

Melihat fenomena ini, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Deddy Yevri Sitorus merasa janggal dengan proses penghitungan suara Pemilu 2024. Apalagi, KPU sebelumnya telah memberi perintah ke aparat penyelenggara pemilu ke daerah untuk menghentikan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Deddy menduga penghentian itu didasari atas adanya partai kecil di lingkungan penguasa yang hendak dipaksanakan masuk parlemen. Hal itu dikuatkan setelah dirinya dapat informasi adanya operasi pengalihan suara Partai Perindo kepada partai gurem yang ada di lingkungan Istana.

"Ada kuat kecurigaan upaya tersistematis untuk memenangkan salah satu konstestan pemilu. Ada kabar saya dengar kabar bahwa ada operasi agar suara partai kecil akan diambil untuk dialihkan, terutama Partai Perindo, Gelora, dan Partai Ummat," kata Deddy dalam keterangannya yang dikutip Kamis (22/2/2024).



Selain itu, ia curiga motif penghentian itu menyangkut persaingan ketat PDIP dengan Partai Golkar sebagai peraih kursi terbanyak di Pemilu. Kaitannya adalah bahwa peraih kursi terbanyak akan mendapat jatah Ketua DPR.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)