Terima Bintang Mahaputera dari Jokowi, Mahyudin Merasa Termotivasi

Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:59 WIB
loading...
Terima Bintang Mahaputera dari Jokowi, Mahyudin Merasa Termotivasi
Wakil Ketua DPD Mahyudin melakukan salam jarak jauh dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Mahyudin menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Acara tersebut digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, semua peserta tampak mengenakan masker dan menjaga jarak.

Kriteria pemilihan tokoh-tokoh ini sesuai dengan Undang-Undang No 20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Bintang Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan ini diberikan dalam rangka HUT ke-75 Indonesia, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Tanda kehormatan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dianggap layak karena dianggap memiliki jasa yang luar biasa kepada bangsa dan negara.

Selain Mahyudin, turut menerima Tanda Kehormatan dalam acara tersebut, diantaranya Fadli Zon, Fahri Hamzah, Osman Sapta Odang, dan Jimly Asidiqie.

Penjelasan UU Nomor 20 Tahun 2009 menyebutkan pemberian dimaksudkan sebagai penghormatan kepada setiap warga negara yang memajukan dan memperjuangkan pembangunan bangsa dan negara demi kejayaan dan tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Jasa tersebut melingkupi sejumlah bidang, seperti sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya dan ilmu pengetahuan, teknologi serta beberapa bidang lain yang besar manfaatnya bagi bangsa dan negara.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Pemerintah atas penghargaan yang telah diberikan. Dengan adanya tanda kehormatan ini diharapkan kepada tokoh bangsa dan masyarakat sipil lainnya dapat menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan darmabakti kepada bangsa dan negara,” kata Mahyudin, senator kelahiran Sangatta, Kutai Timur. ( )

Mahyudin mengatakan, penghargaan yang diterimanya didedikasikan untuk orang tua, keluarga, dan seluruh rakyat Kalimantan Timur.

“Saya dedikasikan kepada kedua orang tua saya, keluarga saya, serta seluruh rakyat Kalimantan Timur yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan kepada saya sehingga menjadi motivasi saya untuk selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Saya mencintai bangsa ini, lahir batin, tanpa syarat,” katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)