Tionghoa dalam Pendidikan Sejarah di Indonesia

Kamis, 22 Februari 2024 - 05:11 WIB
loading...
A A A
Kita beruntung karena saat ini Pemerintah Indonesia telah menggunakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan ruang yang lebih luas kepada guru untuk mengembangkan kompetensi siswanya, termasuk kompetensi sebagai warga negara dan warga dunia.

baca juga: Etnis Tionghoa dan Penyebaran Islam di Pulau Jawa

Guru diberi kebebasan untuk menggunakan berbagai sumber belajar dan tidak terpaku pada buku teks saja. Lagi pula, di Kurikulum Merdeka, peran buku bacaan sama pentingnya dengan buku teks. Oleh sebab itu guru-guru didorong untuk menggunakan buku-buku non-teks pelajaran sebagai sumber belajar.

Untuk topik peran orang Tionghoa dalam sejarah Indonesia, sepertinya cukup banyak buku-buku populer yang menggambarkan peran orang Tionghoa, sehingga guru tidak kekurangan bahan mengajar. Lagi pula dalam buku-buku bacaan anak di kelas awal (kelas 1-3 SD) dan di PAUD, buku-buku bertema Tionghoa sudah mulai bermunculan dan dicetak oleh Kementerian Pendidikan dan diedarkan ke sekolah-sekolah.

Semoga ke depan, upaya untuk membangun bangsa yang inklusif dan mengedepankan kebinekaan melalui pelajaran sejarah akan semakin giat. Dengan demikian kita akan menjadi sebuah bangsa yang kuat; termasuk di dalamnya orang Tiongha sebagai bagian Bangsa Indonesia seutuhnya.

Judul : Tionghoa Dalam Pendidikan Sejarah di Indonesia

Penulis : Hendra Kurniawan

Tahun Terbit : 2023

Penerbit : Kanisius

Tebal : xviii + 270
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)