3 Fakta dr Gunawan Rusuldi yang Ditegur Mayor Teddy, Ternyata Pernah Dinas di Korps Baret Merah

Rabu, 21 Februari 2024 - 18:13 WIB
loading...
3 Fakta dr Gunawan Rusuldi yang Ditegur Mayor Teddy, Ternyata Pernah Dinas di Korps Baret Merah
Sosok Kolonel (Ckm) dr. Gunawan Rusuldi ternyata pernah bertugas di Kopassus. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sosok dr. Gunawan Rusuldi tengah menjadi perbincangan warganet Tanah Air. Hal ini terjadi usai viralnya video yang memperlihatkan dirinya ditegur Mayor Teddy Indra Wijaya, ajudan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Sebagai informasi, momen dr Gunawan Rusuldi ditegur terjadi ketika dirinya menghadiri peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman di Jakarta, Senin, 19 Februari 2024. Pada salah satu momen, tampak Gunawan Rusuldi yang baru ditegur Mayor Teddy menyandarkan tubuhnya ke tembok dengan ekspresi seperti menghela napas panjang.



Kejadian tersebut pun viral di media sosial dan ditanggapi secara beragam oleh warganet. Lantas, siapakah sebenarnya sosok dr Gunawan Rusuldi ini? Simak sederet faktanya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Fakta-fakta dr Gunawan Rusuldi:

1. Berpangkat Kolonel

Pascavideo viral yang memperlihatkan Mayor Teddy menegur dr Gunawan Rusuldi, sebagian orang mengkritisi aksi tersebut. Tindakan Mayor Teddy dirasa arogan dan kurang sopan, terlebih sosok dr Gunawan sendiri ternyata punya pangkat lebih tinggi dari Mayor Teddy.

Pada sejumlah informasi yang didapat, dr Gunawan Rusuldi diketahui memiliki pangkat Kolonel. Artinya, pangkat tersebut menjadi yang tertinggi dalam golongan perwira menengah (Pamen) TNI.

Sedangkan untuk Mayor, pangkat tersebut juga masuk golongan perwira menengah (Pamen). Namun, posisinya masih berada dua tingkat di bawah Kolonel.

2. Pernah Dinas di Kopassus

Pada perjalanan kariernya, Gunawan Rusuldi diketahui pernah berdinas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Hal ini diketahui berdasarkan unggahan pegiat media sosial Jhon Sitorus melalui akun X (dulu Twitter) ketika membeberkan identitas dokter yang ditegur Mayor Teddy.

Menanggapi viralnya video tentang dirinya, Gunawan Rusuldi melalui akun Instagram @gunawanrusuldi juga sempat mengunggah potret masa lalunya di militer. Dalam hal ini, ia menunjukan beberapa fotonya ketika bertugas di Korps Baret Merah.

3. Bukan Sosok Sembarang

Pada riwayatnya, Gunawan diketahui sebagai lulusan Spesialis Obstetri dan Ginekologi Universitas Airlangga. Ia juga tercatat menjadi anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Selain itu, dr Gunawan Rusuldi sempat dilantik menjadi Kepala Rumah Sakit dr. Sutoyo Pusrehab Kemhan. Ia dilantik dan diambil sumpahnya di lantai III Gedung Jenderal MT. Haryono Mako Pusrehab Kemhan pada Selasa (10/05/2023).

Tak hanya itu, dr Gunawan juga diketahui pernah menjadi Kepala Departemen Obgyn RSPAD Gatot Soebroto. Informasi ini diketahui dari Majalah Bersyukur RSPAD Gatot Soebroto edisi khusus HUT ke-72 Juli 2022.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)