Apresiasi Geliat Desa, Kemendes PDTT Gelar Festival Dlingo

Minggu, 29 Juli 2018 - 19:11 WIB
Apresiasi Geliat Desa, Kemendes PDTT Gelar Festival Dlingo
Apresiasi Geliat Desa, Kemendes PDTT Gelar Festival Dlingo
A A A
BANTUL - Geliat pelaksanaan UU No 6/2014 tentang Desa benar-benar memberikan ruang bagi masyarakat desa untuk berkreasi dalam membangun daerahnya. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pun memberikan apresiasi bagi desa-desa di Indonesia yang memiliki kemajuan pesat dalam pembangunan.

Seperti halnya dengan Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Geliat warga desa dalam membangun benar-benar layak diapresiasi. Sebagai bentuk apresiasi atas perkembangan desa yang dulu dikenal marginal ini, Kemendes PDTT pun memebrikan apresiasi melalui Festival Desa Dlingo.

Kabiro Humas Kemendes PDTT Bonivasius Prasetya Ichtiarto mengatakan, Desa membangun Indonesia merupakan serangkaian kegiatan bazar di desa. Event ini diisi dengan workshop pengembangan BUMDes, optimalisasi media sosial, sehingga perkembangan desa tersampaikan dan terkelola dengan baik, termasuk di dalamnya Dana Desa.

"Desa Dlingo termasuk luar biasa. Bagaimana dengan tata kelola pemerintahan desa dsn pembangunan yang memggunakan dsna desa mampu memberikan semangat untuk bangkit dsn membangun, Dlingo sangat luar biasa," katanya saat membuka Desa membangun Indonesia dalam Festival Dlingo di Desa Dlingo, Bantul, Minggu (29/7/2018).

Desa membangun Indonesia merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan di sejunlah desa di Indonesia yang dinilai baik dalam pemanfaatan dana desa. Hal ini juga memberikan motivasi masyarakat agar peduli dan berperan aktif termasuk di media sosial dalam hal pengawasan serta pemanfaatan dana desa. (Baca juga: Tingkatkan Perekonomian Desa, Kemendes PDTT Genjot BUMDes )

"Sejauh ini, kehadiran Dana Desa di Dlingo telah dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan peningkatan perekonomian masyarakat. Keberadaan BUMDes dinilai telah bermanfaat bagi masyarakat setempat yakni dengan hadirnya sejumlah unit usaha," ujarnya.

Di antara kegiatan ekonomi yang berkembang adalah kehadiran DesaMart dan Resto Bale Ketebu. Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengungkapkan, Desa Dlingo merupakan salah satu desa di Bantul dengan akuntabilitas kerja terbaik. Ada beberapa indikator yang dinilai untuk akuntabilitas kinerja pemerintahan desa.

Mulai dari perencanaan yang sejalan dengan RPJMDes yang sudah diputuskan, penganggaran, kemudian pelaksanaan sesuai dengan perencanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban serta evaluasi. "Dlingo masuk di dalamnya. Apalagi sampai ke pusat dan diakui pusat ini kebanggaan bagi Bantul," ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6019 seconds (0.1#10.140)