Komjen Pol Aktif Pemilik Satyalancana Pengabdian 32 Tahun, Nomor 1 dan 3 Peraih Adhi Makayasa Akpol

Minggu, 18 Februari 2024 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Mathinus Hukom besar di satuan antiteror. Beberapa jabatan yang pernah diemban antara lain Katim Anti Teror Bom Polda Metro Jaya, Analis Intelijen Satgas Anti Teror Polri, Kelompok Ahli BNN RI Bidang Intelijen, Kabid Intelijen Densus 88 AT Polri, dan Wakadensus 88 AT Polri.

Kemudian Direktur Penegakan Hukum Kedeputian Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Wakadensus 88 AT Polri, Kadensus 88 AT Polri, dan Kepala BNN.

3. Komjen Pol Prof Dr H Mohammed Rycko Amelza Dahniel, MSi

Komjen Pol Aktif Pemilik Satyalancana Pengabdian 32 Tahun, Nomor 1 dan 3 Peraih Adhi Makayasa Akpol

FOTO/DOK.KALEMDIKLAT POLRI

Komjen Pol pemilik tanda jasa satyalancana pengabdian 32 tahun yang masih aktif bertugas selanjutnya adalah Mohammed Rycko Amelza Dahniel. Peraih penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akpol 1988 itu kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penaggulangan Terorisme (BNPT) RI.

Rycko Amelza juga telah lengkap memiliki empat penghargaan satyalancana pengabdian, dari 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun, dan 32 tahun. Sejak lulus Akpol hingga kini, polisi kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966 itu telah mengabdi di Polri selama 36 tahun.

Sepanjang pengabdiannya, Rycko Amelza pernah menempati beberapa jabatan strategis. Antara lain Kanit Serse Jatanras Polres Metro, Kasat II Ditreskrim Polda Sumut, Kapolresta Sukabumi, Kapolres Metro Jakarta Utara, Wakapolda Jabar, dan Kepala STIK Lemdikpol.

Selanjutnya Rycko Amelza diangkat menjadi Kapolda Sumut, Gubernur Akpol, Kapolda Jateng, Kabaintelkam Polri, Kalemdiklat Polri, dan Kepala BNPT.

4. Komjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra, SH, MSi

Komjen Pol Aktif Pemilik Satyalancana Pengabdian 32 Tahun, Nomor 1 dan 3 Peraih Adhi Makayasa Akpol

FOTO/DOK.BSSN

Nama terakhir dalam daftar Komjen Pol pemilik tanda jasa satyalancana pengabdian 32 tahun yang masih aktif bertugas adalah Putu Jayan Danu Putra. Abituren Akpol 1989 ini menjabat Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sejak 31 Juli 2023 hingga sekarang.

Sama seperti Ahmad Dofiri, Putu Jayan Danu Putra juga telah mengabi di Polri selama 35 tahun. Ini berarti polisi kelahiran Jakarta, 20 November 1967 itu juga telah memiliki empat satyalancana pengabdian, dari 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun, dan 32 tahun.

Saat awal menjadi polisi, Putu Jayan Danu Putra banyak bertugas di wilayah Polda Metro Jaya, misalnya Pama Polresta Bekasi, Kanit Sabhara Polsek Bekasi, Kapolsel Koja Polres Jakarta Utara, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, dan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Ia kemudian diangkat menjadi Kapolres Kediri, Kapolres Blitar, Karo SDM Polda Riau, dan Karo SDM Polda Kaltim

Lulusan Sespimti 2012 itu lalu ditunjuk menjadi Kabagrenmin SSDM Polri, Kabagren Rojianstra SSDM Polri, Karo Umum Setmilpres, Kapolda Bali, dan Wakil Kepala BSSN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)