Menakar Peluang Gatot Nurmantyo dan Andika Perkasa Maju Pilpres 2024

loading...
Menakar Peluang Gatot Nurmantyo dan Andika Perkasa Maju Pilpres 2024
Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo dan Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/Dok SINDO
A+ A-
JAKARTA - Dua tokoh militer yakni mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan KSAD Jenderal Andika Perkasa berpeluang maju Pilpres 2024, bersaing dengan tokoh lainnya. Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah pun menyampaikan analisisnya.

Menurut Dedi, kans Gatot diusung parpol memang terlihat lebih mungkin. Apalagi, Gatot lebih awal memposisikan diri secara politis sejak akhir masa jabatan militernya.

"Hanya saja, Gatot dalam manuver politik kurang menguntungkan, hal itu karena ia memilih secara ekstrem berada di kelompok kontra pemerintah," kata Dedi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (13/8/2020).

Padahal, menurut Dedi, Gatot memulai karier politik sangat baik karena dimulai dengan netralitas. Terlebih lagi Gatot tidak memiliki parpol.



Menurutnya, hal ini berbanding terbalik dengan Andika Prakasa. Dari sisi awal mungkin Andika bisa menghindari cara yang lebih dulu dilalui Gatot, dengan posisi netral dan didukung dengan prestasi. Sehingga, jika memang ada prestasi yang memungkinkan disukai publik, menantu mantan Kepala BIN AM Hendropriyono akan lebih potensial. "Meskipun untuk hitungan hari ini, popularitas politis Gatot tentu lebih tinggi," pungkasnya.

Sebelumnya, pengamat politik Idil Akbar mengatakan, selain nama yang sering dibicarakan publik saat ini seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, masih ada calon lainnya. Idil mengungkapkan, calon dari kalangan militer dan pensiunannya masih memiliki potensi untuk maju dalam Pilpres 2024. (Baca juga: 4 Gubernur Berpeluang Nyapres, Ini Elektabilitasnya).

Pada Pilpres 2019, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sempat digadang-gadang. Namun, tidak ada partai yang mengusungnya. Idil menyebut Gatot dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian masih punya peluang untuk diusung empat tahun yang akan datang.



"Sejauh ini, dari beberapa yang masuk radar dan kita juga membuat catatan secara kualitatif, ada nama KSAD Jenderal Andika Perkasa, sudah mulai dilirik oleh beberapa tokoh dan partai politik. Beliau mulai intens muncul," kata Idil kepada SINDOnews, Rabu (12/8/2020).(Baca juga: Gatot Nurmantyo Punya Kans, Andika Perkasa Mulai Dilirik Parpol).
(zik)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top