Menteri Hadi Bagikan Sertifikat Tanah ke Warga Serang: Bukti Wujudkan Keadilan Sosial

Rabu, 14 Februari 2024 - 19:50 WIB
loading...
Menteri Hadi Bagikan Sertifikat Tanah ke Warga Serang: Bukti Wujudkan Keadilan Sosial
Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto membagikan sebanyak 40 sertifikat tanah secara langsung kepada masyarakat Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada Selasa 13 Februari 2024. Foto/Ist
A A A
SERANG - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto membagikan sebanyak 40 sertifikat tanah secara langsung kepada masyarakat Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada Selasa 13 Februari 2024.

Sebanyak 10 sertifikat dibagikan secara door to door oleh Hadi Tjahjanto dan 30 sertifikat lainnya dibagikan secara ngariung atau berkumpul bersama warga setempat seraya melakukan dialog ringan.



Hadi mengatakan sertifikat yang dibagikan ke masyarakat bukan hanya memberikan kepastian hukum hak atas tanah tetapi juga menjadi bukti bahwa pemerintah terus mewujudkan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Saya yakin (sertifikat, red) ini bisa berhasil untuk kesejahteraan rakyat. Ini adalah bukti mewujudkan keadilan sosial," ujar Hadi.

Adapun progres pendaftaran tanah di Kabupaten Serang sendiri, hingga saat ini telah mencapai 78,45% atau sebanyak 473.584 bidang dari estimasi jumlah bidang tanah 603.643 bidang. Sementara itu, jumlah bidang tanah yang telah bersertipikat sejumlah 374.959 bidang. "Kemudian target tahun ini Kabupaten Serang mendapatkan alokasi 46.000 sertifikat," ucap Hadi.

"Kalau kita kalkulasi, artinya tahun 2024 ini bidang tanah di Kabupaten Serang belum semuanya terdaftar. Kami harapkan di 2025 semuanya sudah terdaftar," sambung dia.

Dari capaian tersebut, Hadi mengungkapkan telah terjadi penambahan nilai ekonomi di Kabupaten Serang sebanyak Rp6,11 triliun yang beredar di masyarakat Kabupaten Serang. "Kita bisa melihat dari indikasi itu bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Serang bagus, terus berkembang," katanya.



"Itu lah sebabnya kita memberikan target-target untuk masyarakat khususnya di pedesaan apalagi masyarakat yang bisa mengembangkan bisnisnya di UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, red) kita berikan sertifikat. Mudah-mudahan mereka gunakan untuk modal untuk meningkatkan perekonomian," tutup Hadi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4570 seconds (0.1#10.140)