Terobosan Hadapi Perkembangan Zaman, Sesko TNI Buka Program Studi Strategi Perang

Senin, 12 Februari 2024 - 16:11 WIB
loading...
Terobosan Hadapi Perkembangan Zaman, Sesko TNI Buka Program Studi Strategi Perang
Dansesko TNI Marsekal Madya (Marsdya) TNI Samsul Rizal. Foto/Dok. Mabes TNI
A A A
BANDUNG - Komandan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Dansesko TNI) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Samsul Rizal dikenal sebagai sosok jenderal yang memiliki ide cemerlang. Apalagi dia dipercaya memimpin Sesko TNI, yang notabene merupakan lembaga pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI .

Lembaga ini mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan kualitas Perwira Menengah TNI dan memegang peran strategis dalam pembangunan kekuatan di Indonesia. Terbaru, Samsul Rizal lewat Sesko TNI membuat terobosan mengubah kurikulum untuk menghasilkan komponen pendidikan yang berkualitas dan adaptif.

Kurikulum tersebut dikemas dalam waktu Program Studi Strategi Perang yang diharapkan bisa menjawab adanya ancaman perang masa depan yang kian kompleks. Tujuannya menghasilkan komponen pendidikan yang berkualitas dan adaptif.

Strategi Perang ini dirancang untuk mempertajam teori dan ketrampilan praktis para perwira siswa (pasis). ”Ke depan kami, Sesko TNI akan terus berkomitmen untuk menciptakan perwira-perwira unggul, terbaik, dan berintegritas yang akan mengabdi kepada Indonesia dengan sepenuh hati,” kata Marsdya TNI Samsul Rizal dalam siaran persnya, Senin (12/2/2024).

"Saya berharap Sesko TNI akan berinovasi dan berimprovisasi dalam menyampaikan materi dan ilmu pengetahuan pada para perwira siswa," kata Kasum TNI Letnan Jenderal Bambang Ismawan saat membacakan pernyataan Panglima TNI Jenderal dalam Pembukaan Pendidikan Reguler ke-52 Sesko TNI di Markas Sesko TNI, Bandung, Selasa (6/2/ 2024).

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga mengucapkan selamat kepada para perwira siswa (pasis) TNI-Polri dan negara sahabat yang telah terpilih untuk mengikuti Pendidikan Reguler Ke-LII Sesko TNI Tahun Anggaran 2024. "Kehadiran perwira siswa dari Polri tentunya akan semakin memperkuat sinergitas dan soliditas TNI-Polri untuk mengawal pembangunan nasional di masa mendatang," ujarnya.

Kebersamaan dengan perwira siswa dari negara sahabat tentunya akan memberikan manfaat berupa pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman kemiliteran serta pengenalan budaya Indonesia. Hal tersebut dapat mempererat hubungan militer dan kerja sama Indonesia dengan negara-negara sahabat.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI memberikan penekanan kepada para perwira siswa. Pertama, terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena segala sesuatu yang terjadi hanya atas ridho-Nya. Jadikan momentum pendidikan Sesko TNI untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dengan niat ibadah, loyal, tulus, dan ikhlas.

Kedua, dikondisikan ini dengan penuh disiplin, dedikasi serta kesungguhan, sehingga benar-benar memperoleh pencerahan intelektual dan spiritual untuk menyongsong penugasan sebagai TNI yang PRIMA. Ketiga, pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan kolaborasi TNI-Polri serta kementerian atau Lembaga lain yang berbasis Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, guna menghadapi dinamika lingkungan dan disrupsi berbagai bidang yang akan datang.

Pendidikan Reguler Ke- LII Sesko TNI Tahun Anggaran 2024 di iikuti 188 pasis. Rinciannya 163 orang berpangkat kolonel (TNI AD 74 pasis, TNI AL 51 pasis, TNI AU 38 pasis), dan pasis Polri 19 orang berpangkat kombes. Selanjutnya pasis negara sahabat 6 orang (Australia, Brunei Darussalam, India, Malaysia, Saudi Arabia, dan Singapura).

Pendidikan dilaksanakan selama 10 bulan (43 minggu) dimulai 6 Februari-26 November 2024, dengan menempuh program belajar sebanyak 46 SKS atau 1.936 pelajaran. Aspek penilaian peserta didik sesuai dengan Tripola Dasar Pendidikan TNI yaitu penilaian pada aspek sikap dan perilaku, aspek pengetahuan dan keterampilan serta aspek kesegaran jasmani dan kegiatan (Kuliah Kerja Luar Negeri, Kuliah Kerja Dalam Negeri, Kunjungan Objek Strategis/Vital Nasional, Seminar, dan Olah Yudha).
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)