5 Fakta Marsdya TNI Samsul Rizal, Peraih Adhi Makayasa AAU 1990 yang Naik Pangkat Bintang Tiga

Kamis, 10 Agustus 2023 - 13:54 WIB
loading...
5 Fakta Marsdya TNI Samsul Rizal, Peraih Adhi Makayasa AAU 1990 yang Naik Pangkat Bintang Tiga
Samsul Rizal merupakan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Udara yang memiliki pangkat Marsekal Madya atau bintang tiga. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Marsdya TNI Samsul Rizal telah ditunjuk menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Dansesko TNI) pada pertengahan Juli 2023 lalu. Baru-baru ini, namanya juga mengikuti upacara korps kenaikan pangkat yang digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Samsul Rizal lahir di Karawang, Jawa Barat pada 23 Februari 1969. Setelah lulus pendidikan, dia ditugaskan menjadi Pa DP Gubernur AAU.

Melihat riwayat kariernya, Samsul Rizal memiliki perjalanan panjang hingga mengantarkannya menembus pangkat bintang tiga di TNI Angkatan Udara .

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut sejumlah fakta terkait dirinya yang bisa disimak.

Fakta Marsdya TNI Samsul Rizal

1. Perwira Tinggi AU Bintang Tiga

Samsul Rizal merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Udara. Melihat statusnya, saat ini dia memiliki pangkat Marsekal Madya atau bintang tiga.

Pada kategori Perwira Tinggi (Pati), pangkat tersebut setingkat di atas Marsekal Muda (bintang dua) dan satu tingkat di bawah Marsekal (bintang 4). Samsul menjadi salah satu Pati AU bintang tiga yang masih aktif menjabat.



Selain dirinya, terdapat beberapa nama lain seperti Marsdya Kusworo (Kabasarnas), Marsdya Adyawan Martono Putra (Pangkogabwilhan II), Marsdya Agustinus Gustaf Brugman (Wakil KSAU), dan sebagainya.

2. Peraih Adhi Makayasa AAU 1990

Marsdya TNI Samsul Rizal diketahui sebagai jebolan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1990. Dalam hal ini, dia berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.

Samsul Rizal juga menjadi salah satu jebolan AAU 1990 yang sudah mencapai pangkat perwira tinggi (pati). Selain dirinya, ada banyak nama lain seperti Marsda Arif Widianto (Aspers Panglima TNI), Marsda Muhammad Tawakkal Syaeful (Wakabais TNI), dan sebagainya.

3. Penerbang F-5 Tiger dengan Callsign ‘Hiraks’

Samsul Rizal mengawali karier penerbangnya di Lanud Iswahjudi, Magetan. Waktu itu, dia bertugas sebagai Pa Pnb Skadron Udara 14, Wing 3.

Tak hanya itu, dia juga memiliki banyak pengalaman lain di sektor yang sama. Salah satunya adalah ketika menjadi penerbang tempur F-5 Tiger dengan callsign ‘Hiraks’

4. Pernah Menempati Berbagai Posisi Strategis

Sepanjang kariernya di militer, Samsul Rizal telah banyak menduduki posisi strategis. Pada tahun 2017, dia pecah bintang satu ketika menjabat Danlanud Iswahjudi.

Sekitar setahun berselang, Samsul ditunjuk menjadi Kaskoopsau I (2018-2019). Kariernya semakin moncer ketika menempati jabatan Danseskoau (2020-2021).

Setelah itu, dia juga sempat menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III (2021-2022), Kepala Puslaiklambangjaau (2022), hingga Aspers Panglima TNI (2022-2023). Setelah itu, barulah Samsul Rizal ditunjuk menjadi Komandan Sesko TNI.

5. Ditunjuk Menjadi Dansesko TNI

Pada posisinya sebagai sebagai Dansesko TNI, Marsdya Samsul Rizal sebelumnya menggantikan Marsdya Kusworo yang beralih tugas menjadi Kabasarnas. Ketentuan ini didasarkan pada SK Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Sebelum dimutasi menjadi Dansesko TNI, Samsul Rizal menjabat Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI. Posisi tersebut telah ditempatinya sejak November 2022 lalu.

Demikian ulasan mengenai deretan fakta Marsdya TNI Samsul Rizal yang menarik diketahui.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)