Prabowo Diminta Klarifikasi Dugaan Korupsi Pembelian 12 Mirage 2000-5, Ini Kata TKN Prabowo-Gibran

Minggu, 11 Februari 2024 - 11:46 WIB
loading...
Prabowo Diminta Klarifikasi Dugaan Korupsi Pembelian 12 Mirage 2000-5, Ini Kata TKN Prabowo-Gibran
Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Budi Djiwandono mengungkapkan isu yang mengarah pada Capres Prabowo Subianto soal dugaan korupsi dirinya dibantah habis. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat Militer dan Pertahanan Connie Rahakundini Bakrie meminta kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk segera klarifikasi soal isu pengusutan lembaga anti korupsi Uni Eropa (GRECO) terkait pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 yang sudah batal. Namun ada informasi mengenai dana fee yang sudah kadung diterima sebesar USD20 juta.

Connie mengatakan hal itu saat ditanya wartawan mengenai beredarnya artikel ditulis oleh Jhon William yang diunggah di websiter Meta Nex dan MSN, menyangkut masalah tersebut pada Jumat (9/2/2024).



“Sekali lagi kita menuntut saja sekarang untuk mengklarifikasi sendiri mungkin Pak Prabowo Subianto dipertanyakan. Karena di berita yang beredar itu dan diplomatic paper yang kita terima dan kawat yang kita terima adalah sekitar 40 persen dari komisi sudah diterima beliau di Qatar dengan dibawa jet pribadi,” ujar Connie dalam keterangannya, Sabtu (10/2/2024).

Bagi Connie, hal itu yang paling mungkin dilakukan. Semua tahu bahwa rencana pengadaan Mirage bekas itu sudah batal. Namun walau sekarang sudah batal, European Investigative Order (EIO) takkan berhenti karena ada dugaan penggelapan maupun mark up.

“EIO ini sangat correct terhadap kasus-kasus seperti ini. Jadi alutsista itu sangat hati-hati, jadi masalah ada penggelapan, ada mark up, itu sangat hati-hati,” ucap Connie.

“Masalahnya sekarang ada dokumen bocor dari Ceko, setahu saya kan begitu, bahwa dokumen itu bocor kemudian terdeteksi. Setahu saya lagi EIO sudah mengirimkan ke kawat Kedutaan Besar di Jakarta mempertanyakan. Jadi sekarang yang dalam bahaya adalah EIO itu akan membongkar pasti, kenapa urutannya apa, apalagi kalau kita baca dokumennya,” sambungnya.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budi Djiwandono mengungkapkan isu yang mengarah pada Capres Prabowo Subianto soal dugaan korupsi dirinya dibantah habis. Menurut Budi, isu tersebut adalah kabar bohong semata.

"Sudah jelas dari TKN posisinya. Kami melihat sekali lagi ada upaya pihak tertentu menyebarkan hoaks dan fitnah," ujar Budi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat kampanye akbar Prabowo-Gibran, Sabtu (10/2/2024).

Sebagai informasi, viral di media sosial soal pemberitaan di media terkait lembaga antikorupsi Uni Eropa, yakni GRECO dikabarkan tengah menyelidiki skandal pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar oleh Kemenhan yang dipimpin Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.

Pembelian pesawat tersebut diketahui disepakati senilai USD792 juta atau sekira Rp12,3 triliun atau dibeli dengan harga satuan USD66 juta (sekira Rp1,03 triliun).

Disadur dari Microsoft Network (msn.com), GRECO telah mengirimkan perwakilannya ke Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta pada 25 Januari 2024.

Dalam keterangannya, European Investigation Order (EIO) telah menggelar penyelidikan terhadap perusahaan asal Ceko yang menjembatani pembelian pesawat tempur Mirage 2000-5.

Penyelidikan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan besar terhadap dugaan pengaruh Qatar atas para anggota parlemen Eropa untuk mengamankan kepentingan negara Timur Tengah tersebut.

Dalam penyelidikannya, GRECO meminta Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk memberikan bantuan terhadap penyelidikan korupsi di internal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) terutama yang berkaitan dengan Qatar.

Dalam pemberitaan tersebut, disebutkan penyelidikan GRECO dan EIO berfokus pada transaksi bermasalah 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 yang dibeli Kemenhan pada Januari 2023.

Padahal pesawat Mirage 2000-5 tersebut pernah ditawarkan Qatar kepada Indonesia secara gratis pada 2009 yang lalu. Kala itu Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono menolak tawaran tersebut dengan pertimbangan biaya pemeliharan yang mahal.

Di artikel yang diunggah MSN ada bagian yang menyebut Prabowo sudah menerima komisi USD20 juta, lengkapnya dituliskan sebagai berikut.

“Banyak pertanyaan yang muncul mengenai kesepakatan pembelian jet tempur yang dilakukan Prabowo pada Januari 2023, dimana Indonesia harus membayar USD792 juta untuk 12 pesawat Mirage 2000-5 yang sebelumnya digunakan oleh Angkatan Udara Qatar.

Jadi, ketika Prabowo pergi ke Uni Emirat Arab untuk menanyakan tentang pesawat tempur Mirage, pihak Qatar mengetahui hal itu dan memutuskan untuk menawarkan kesepakatan yang lebih baik.

Mereka tahu bahwa Prabowo tertarik untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi, jadi ketika dia mengunjungi Doha pada Januari 2023, mereka menawarinya Mirage bersama dengan potongan 7% dari kesepakatan untuk mendanai kampanye pemilihannya.

Hal ini menurut sumber anonim yang setuju untuk tidak disebutkan namanya, disetujui secara pribadi oleh Menteri Negara Pertahanan Qatar Khalid bin Mohammed Al Attiyah.

Uang sogokan sebesar 7 persen tersebut berjumlah USD55,4 juta, lebih dari cukup untuk membiayai kampanye kepresidenan Prabowo.

Menurut beberapa pelapor, Prabowo diberi uang tunai sebesar USD20 juta pertama kali dengan menggunakan jet pribadi di bandara Doha.”

Di sisi lain, awal tahun ini pemerintah RI disebut menunda rencana pembelian 12 pesawat Mirage 2000-5 bekas dari Qatar. Juru bicara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, membeberkan alasan penundaan pembelian pesawat tempur tersebut.

"Betul," kata Dahnil saat dikonfirmasi, Kamis 4 Januari 2024. Dahnil menjawab pertanyaan apakah benar pembelian pesawat Mirage dari Qatar ditunda.



Dahnil menyebut alasan penundaan pembelian pesawat tersebut yakni keterbatasan fiskal. Saat ini, pemerintah akan melakukan retrofit atau peningkatan terhadap pesawat F-16 yang dimiliki Indonesia.

"Keterbatasan kapasitas fiskal kita, untuk mengisi kekosongan sementara menunggu Rafale Dassault yang sudah dipesan maka dilakukan retrofit terhadap pesawat-pesawat F-16, Sukhoi kita," katanya.

"Tentu (penundaan disepakati Kemenkeu dan Kemhan)" tutup Dahnil.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)