Prabowo Diminta Klarifikasi Dugaan Korupsi Pembelian 12 Mirage 2000-5, Ini Kata TKN Prabowo-Gibran

Minggu, 11 Februari 2024 - 11:46 WIB
loading...
Prabowo Diminta Klarifikasi Dugaan Korupsi Pembelian 12 Mirage 2000-5, Ini Kata TKN Prabowo-Gibran
Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Budi Djiwandono mengungkapkan isu yang mengarah pada Capres Prabowo Subianto soal dugaan korupsi dirinya dibantah habis. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat Militer dan Pertahanan Connie Rahakundini Bakrie meminta kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk segera klarifikasi soal isu pengusutan lembaga anti korupsi Uni Eropa (GRECO) terkait pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 yang sudah batal. Namun ada informasi mengenai dana fee yang sudah kadung diterima sebesar USD20 juta.

Connie mengatakan hal itu saat ditanya wartawan mengenai beredarnya artikel ditulis oleh Jhon William yang diunggah di websiter Meta Nex dan MSN, menyangkut masalah tersebut pada Jumat (9/2/2024).



“Sekali lagi kita menuntut saja sekarang untuk mengklarifikasi sendiri mungkin Pak Prabowo Subianto dipertanyakan. Karena di berita yang beredar itu dan diplomatic paper yang kita terima dan kawat yang kita terima adalah sekitar 40 persen dari komisi sudah diterima beliau di Qatar dengan dibawa jet pribadi,” ujar Connie dalam keterangannya, Sabtu (10/2/2024).

Bagi Connie, hal itu yang paling mungkin dilakukan. Semua tahu bahwa rencana pengadaan Mirage bekas itu sudah batal. Namun walau sekarang sudah batal, European Investigative Order (EIO) takkan berhenti karena ada dugaan penggelapan maupun mark up.

“EIO ini sangat correct terhadap kasus-kasus seperti ini. Jadi alutsista itu sangat hati-hati, jadi masalah ada penggelapan, ada mark up, itu sangat hati-hati,” ucap Connie.

“Masalahnya sekarang ada dokumen bocor dari Ceko, setahu saya kan begitu, bahwa dokumen itu bocor kemudian terdeteksi. Setahu saya lagi EIO sudah mengirimkan ke kawat Kedutaan Besar di Jakarta mempertanyakan. Jadi sekarang yang dalam bahaya adalah EIO itu akan membongkar pasti, kenapa urutannya apa, apalagi kalau kita baca dokumennya,” sambungnya.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budi Djiwandono mengungkapkan isu yang mengarah pada Capres Prabowo Subianto soal dugaan korupsi dirinya dibantah habis. Menurut Budi, isu tersebut adalah kabar bohong semata.

"Sudah jelas dari TKN posisinya. Kami melihat sekali lagi ada upaya pihak tertentu menyebarkan hoaks dan fitnah," ujar Budi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat kampanye akbar Prabowo-Gibran, Sabtu (10/2/2024).

Sebagai informasi, viral di media sosial soal pemberitaan di media terkait lembaga antikorupsi Uni Eropa, yakni GRECO dikabarkan tengah menyelidiki skandal pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar oleh Kemenhan yang dipimpin Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)