Ganjar Sebut Perlu Dukungan Politik Anggaran saat Bicara Persoalan Kesehatan

Senin, 05 Februari 2024 - 00:05 WIB
loading...
Ganjar Sebut Perlu Dukungan Politik Anggaran saat Bicara Persoalan Kesehatan
Capres Nomor Urut 3 yang diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mengungkap bahwa untuk merealisasikan pelayanan kesehatan yang baik, perlu adanya politik anggaran. Foto/Aldhi Chandra/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 yang diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mengungkap bahwa untuk merealisasikan pelayanan kesehatan yang baik, perlu adanya politik anggaran.

Hal itu ditegaskan Ganjar saat ditanya mengenai bagaimana strategi program pasangan calon (paslon) Ganjar-Mahfud mengenai program kesehatan dengan pendekatan promotif dan preventif saat Debat Kelima Pilpres 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024).



Dengan politik anggaran, maka akan ada persentase yang harus disiapkan agar anggaran untuk kesehatan bisa cukup dan terpenuhi. Ganjar merasa hal ini perlu menjadi perhatian serius sebagai nantinya kesehatan akan berdampak untuk meningkatkan harapan hidup masyarakat.

“Tentu ini bisa kita lakukan scara bertahap, itulah program yang cukup komperehensif dalam menyelesaikan, bagaimana harapan hidup bisa lebih panjang,” ujar Ganjar.

Ganjar menuturkan bahwa dirinya juga telah merancang program untuk memberikan fasilitas kesehatan sampai ke desa-desa demi mewujudkan harapan menjadikan masyarakat lebih sehat.

“Seperti yang tadi saya sampaikan tadi, satu desa, satu faskes (fasilitas kesehatan), dan satu nakes (tenaga kesehatan),” paparnya.

Ganjar menyayangkan dalam anggaran sebelumnya presentasi anggaran kesehatan yang semula harus dialokasikan justru dipotong. Untuk itu, ke depan anggaran kesehatan harus dikembalikan pada persentase 5%-10%.

Menurutnya, persentase tersebut jika dipastikan melalui politik kesehatan maka layanan kesehatan yang diterima masyarakat bisa lebih baik.

Selain itu ketika bicara angka harapan hidup, maka masyarakat bukan hanya harus mendapatkan layanan kesehatan yang baik, melainkan pula masyarakat harus memperoleh hiburan yang baik. Di sini peran budayawan bisa membantu untuk membahagiakan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)