Dukung RUU Cipta Kerja, NasDem Beberkan Sejumlah Fakta

Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:26 WIB
loading...
Dukung RUU Cipta Kerja, NasDem Beberkan Sejumlah Fakta
Massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi damai menolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja, di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (3/8/2020). NasDem tegas mendukung RUU Cipta Kerja. Foto/SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Partai NasDem tegas mendukung RUU Cipta Kerja Omnibus Law. Banyak alasan mengapa Nasdem mendukung RUU tersebut.

Saat ini RUU tersebut tengah digodok di DPR setelah diusulkan oleh pemerintah beberapa bulan lalu. “Ya kita pasti dukung RUU Cipta Kerja Omnibus Law. Inikan program pemerintah yang banyak gunanya untuk mempermudah investasi di Indonesia. Pasti kita dukung program itu. Jangan khawatir,” kata Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR RI, Ahmad Ali kepada wartawan, Rabu (12/08/2020).

Menurut Ahmad Ali, Omnibus Law adalah RUU yang dibuat pemerintah untuk membuat ease of doing bussines di Indonesia semakin baik. “Jika banyak investasi di Indonesia, maka akan semakin banyak tenaga kerja yang bisa diserap,” ujarnya. (Baca juga: DPR dan Serikat Buruh Bentuk Tim Bersama Bahas Klaster Ketenagakerjaan RUU Ciptaker)

Sebagai partai pendukung pemerintah dan tergabung dalam koalisi pemerintah, Nasdem akan selalu mendukung program-program pemerintahan Jokowi. Apalagi program yang diusung ditujukan untuk membuat lapangan kerja yang lebih banyak. (Baca juga: Gairahkan Sektor Padat Karya, Serapan Tenaga Kerja IHT Capai 6,4%)

Tentang pro dan kontra atau adanya beberapa silang pendapat diantara beberapa organisasi buruh, Ahmad Ali melihat sebagai dinamika yang muncul di masyarakat. Selama ini memang ada sejumlah pasal yang dipertanyakan organisasi buruh menyangkut perlindungan tenaga kerja.

Namun pasal- pasal tersebut juga sudah dibahas dengan melibatkan organisasi dan perwakilan buruh serta anggota parlemen.“Kami mendorong teman-teman di Nasdem mendukung ini,” tuturnya.

Dia juga menilai Omnibus Law dapat menyehatkan iklim investasi yang ada di Indonesia bahwa menjadi solusi untuk menghadapi krisis global pasca pandemi Covid-19 saat ini. "Bagi kami di Fraksi Partai Nasdem Omnibus law merupakan jalan keluar yang paling tepat dilakukan pemerintah dan solusi menghadapai krisis ekonomi secara global pasca pandemi. RUU Ciptaker ini menjadi jawaban yang tepat," tuturnya.

Menurut Ali, ada banyak alasan-alasan mengapa NasDem mendukung pemerintah mendorong Omnibus Law. Misalnya tumpang tindihnya persoalan regulasi selama ini, perlunya penyederhaan birokrasi agar mempermudah perizinan investasi. “Menyehatkan iklim investasi juga harus menjadi perhatian,” katanya.

Untuk itu, pembahasan Omnibus Law memang perlu segera diselesaikan karena menjadi terobosan ekonomi secara nasional dan harus direspon secara cepat. "Fokus utama dalam pembahasan RUU tersebut bagaimana bertujuan menyehatkan iklim investasi dengan kemudahan perizinan yang ada dalam RUU Ciptaker," imbuhnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)