Ganjar Pranowo Tekankan Pentingnya Upaya Preventif dan Promotif soal Kesehatan

Minggu, 04 Februari 2024 - 20:18 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Tekankan Pentingnya Upaya Preventif dan Promotif soal Kesehatan
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menekankan pentingnya upaya preventif dan promotif soal kesehatan di Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menekankan pentingnya upaya preventif dan promotif soal kesehatan di Indonesia. Minimal, preventif dalam untuk diri sendiri.

“Kalau tadi dalam pembukaan saya sampaikan mesti preventif dan promotif musti diwujudkan dalam bentuk kepengetahuan kita terhadap kesehatan minimal untuk kita sendiri, berolahraga makan sehat, hidup bersih sehat. Saya kira itu yang paling baik,” ungkap Ganjar saat menyampaikan visi-misi pada Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024).

Ganjar mengatakan pada tahap berikutnya barulah memberikan fasilitas kesehatan sampai ke desa-desa seperti yang telah dia sampaikan yakni satu desa, satu faskes, satu nakes. Meskipun, kata Ganjar, undang-undang sebelumnya sudah mengatur bahwa ada presentase dari anggaran untuk kesehatan diberikan terpotong harus dikembalikan untuk sektor kesehatan.

“Angka 5 sampai 10% menjadi angka yang bisa memastikan dalam politik kesehatan kita layanan itu akan jauh bisa lebih baik. Namun ingat kalau kita bicara angka harapan hidup, maka terhadap mereka mesti mendapatkan layanan kesehatan baik, mereka mesti mendapatkan hiburan yang baik, budayawan juga bisa membantu mereka untuk bisa membahagiakan mereka,” ujarnya.

Maka pada saat itu, kata Ganjar, keinginan dari masyarakat untuk mendapatkan layanan yang baik akan terpenuhi. “Maka kalau kemudian kami bisa mendapatkan layanan baik maka kami merasa nyaman kami senang dan hidup kami akan lebih panjang,” tuturnya.

“Maka peran posyandu peran dasawisma peran kelurahan RT itu menjadi kekuatan yang luar biasa. Di samping tentu saja pemerintah akan mendampingi dalam setiap kebijakan yang ada,” katanya.

Sehingga, Ganjar mengatakan dalam politik anggaran ada presentasi yang disiapkan agar anggaran bisa cukup untuk bisa memenuhi. “Tentu ini kita bisa lakukan secara bertahap dan itulah program yang cukup bisa komprehensif menyelesaikan bagaimana harapan hidup bisa jauh lebih panjang,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2158 seconds (0.1#10.140)