Operasional Babinsa Naik 771%, Ini Kata Pengamat Militer

Minggu, 10 Juni 2018 - 10:09 WIB
Operasional Babinsa Naik 771%, Ini Kata Pengamat Militer
Operasional Babinsa Naik 771%, Ini Kata Pengamat Militer
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikkan anggaran operasional Bintara Pembina Desa (Babinsa) hingga 771%. Kenaikan anggaran operasional ini diharapkan dibarengi peningkatan kinerja Babinsa dalam menjaga keamanan, khususnya deteksi dini terhadap indikasi terorisme di masyarakat.

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengatakan, setiap kenaikan biaya operasional sebenarnya ditujukan untuk peningkatan kinerja. Sesuai kepentingan publik, maka kebijakan tersebut menunjukkan besarnya perhatian pemerintah untuk meningkatkan standar keamanan di lingkungan masyarakat luas.

"Tuntutan masyarakat akan rasa aman terhadap ancaman terorisme dan tindak pidana lainnya berujung pada tuntutan kinerja aparat penegak hukum, termasuk Babinsa," kata Nuning kepada SINDOnews, Minggu (10/6/2018).

Nuning mengatakan, upaya pemerintah menaikkan anggaran operasional Babinsa tidak akan sia-sia. Menurutnya, kenaikan anggaran operasional untuk peningkatan rasa aman masyarakat dapat dikonversi menjadi keuntungan materil yang berbalik menjadi kesejahteraan masyarakat.

Jika rasa aman terpenuhi atau terjamin, imbuh Nuning, maka masyarakat dapat bekerja dengan tenang. Dengan sendirinya ketenangan kerja masyarakat tersebut mendorong pertumbuhan ekonomi bahkan percepatan ekokomi. "Jika ekonomi masyarakat tumbuh dengan cepat, maka kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat," ucap Nuning.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)