Sarasehan DPD, Anies Sebut Ketimpangan Makin Besar jika Tak Serius Ditangani

Jum'at, 02 Februari 2024 - 20:07 WIB
loading...
Sarasehan DPD, Anies Sebut Ketimpangan Makin Besar jika Tak Serius Ditangani
Capres nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menghadiri Sarasehan DPD RI, Bersama Calon Presiden 2024 di Jakarta, Jumat (2/2/2024). Foto/Timnas AMIN
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menghadiri Sarasehan DPD RI Bersama Calon Presiden 2024 di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Ia menjelaskan ilustrasi indeks pembangunan manusia (IPM) di Jawa dan Sumatera angkanya 70, selisih 5 poin yang merupakan angka tahun 2022. Sementara 10 tahun sebelumnya di Jawa dan Sumatera angkanya 69.

"Jadi ketika kita melihat lima poin, bukan semata-mata lima poin, tetapi pandang sebagai 10 tahun selisihnya. Untuk mengejar ketertinggalan, tidak bisa dengan effort biasa saja," kata Anies.

Anies menekankan harus ada langkah-langkah yang ekstra, karena bersamaan dengan kita hendak meningkatkan kualitas manusia, di kawasan luar Jawa dan Sumatera, pada saat bersamaan angkanya juga akan naik.

"Ketertinggalan itu, bila tidak diseriusi akan menimbulkan ketimpangan makin hari makin besar,” ucapnya.

Anies juga kembali menekankan misi Indonesia adil makmur untuk semua yang berakar dari tujuan awal berdirinya negara Republik Indonesia.

"Visi yang kami susun adalah pernyataan tentang keadilan, tentang kesetaraan yang mencoba kembali pada asal-muasal mengapa republik ini didirikan," ujarnya.

Ketika republik ini didirikan dengan rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, kata Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 berangkat dari sila pertama dan berakhir pada sila kelima.

“Tujuan akhir republik ini didirikan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. Namun, dalam perjalanan, republik ini mengalami kemajuan yang tidak setara. Ada daerah-daerah yang maju pesat, tetapi banyak daerah-daerah yang kemajuannya lambat, sehingga secara relatif tertinggal,” tegasnya.

Lebih lanjut, Anies yang berpasangan dengan Cak Imin alias AMIN itu akan membawa Indonesia adil makmur untuk semua jika terpilih di Pilpres 2024.

“Bukan cuma adil makmur, tetapi ditegaskan untuk semua. Pernyataan penegasan ini, kita menginginkan apa yang dirasa sebagai ketidaksetaraan, ketimpangan, menjadi prioritas utama untuk diselesaikan," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)