Singgung Kasus Aiman Witjaksono Diperiksa Polisi, Ganjar: Kami akan Bela!

Sabtu, 27 Januari 2024 - 14:08 WIB
loading...
Singgung Kasus Aiman Witjaksono Diperiksa Polisi, Ganjar: Kami akan Bela!
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo akan membela jurnalis Aiman Witjaksono yang tengah menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya. Foto/MPI/muhammad farhan
A A A
CIREBON - Calon Presiden Nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyinggung salah seorang anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, yang tengah berhadapan dengan kepolisian lantaran dugaan penyebaran berita hoaks. Ganjar menyebut pria tersebut adalah seorang jurnalis yang saat itu belum bergabung ke TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono.

Ganjar menjelaskan, tindakan Aiman yang mengungkapkan adanya dugaan intervensi pemerintah dalam pemilu, adalah hanya sebuah catatan. Ia melanjutkan, Aiman hanya mengungkapkan peristiwa dengan kondisi, situasi yang terekam berdasarkan hak dan kebebasan jurnalismenya.

"Ada Tim Ganjar-Mahfud yang pada saat itu belum secara resmi bergabung, memberikan catatan kepada pemerintah bahwa tidak boleh ada satu pun yang boleh mengintervensi rakyat. Dan anak itu sekarang diperiksa oleh kepolisian. Nama anak itu Aiman Witjaksono. Kami akan bela Aiman," ungkap Ganjar saat Orasi Kebangsaan di Hajatan Rakyat, Cirebon, Sabtu (27/1/2024).



Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, apa yang disampaikan Aiman hingga berujung dilaporkan ke kepolisian, adalah bentuk yang kurang tepat. Bagi Ganjar, Aiman yang dikenal saat itu sebagai jurnalis kawakan harus menggunakan hak jawab sebagai bukti kebebasan persnya. "Maka sebenarnya caranya bukan menangkap, bukan memeriksa. Tapi silakan Anda punya hak jawab, itulah pers yang bebas, yang saat itu diperjuangkan dalam era Reformasi," ujar Ganjar.



Ganjar menegaskan, Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud akan tetap mengawal kasus Aiman hingga tuntas. Ganjar mengatakan, timnya tidak akan sungkan untuk mengonfirmasi secara tegas kepada kepolisian, apa yang sebenarnya disangkakan kepada Aiman. "Tim Ganjar-Mahfud hari ini akan mendampingi. Kita akan tanyakan kepada penegak hukum, apa sebenarnya yang terjadi," jelas Ganjar.

Sebelumnya, Aiman dilaporkan aliansi elemen masyarakat sipil untuk demokrasi yang terdiri dari garda pemilu damai, juga front pemuda jaga pemilu dan juga barisan mahasiswa Jakarta.

Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/6813/XI/2023/SPKT/Polda Metro Jaya. Sebagai juru bicara TPN, Aiman menyebut bahwa ada oknum Polri yang diduga berpihak kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Atas situasi ini, TPN Ganjar-Mahfud juga telah menyiapkan 1.000 advokat untuk mendampingi Aiman dalam kasus tersebut.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7904 seconds (0.1#10.140)