BPJPH-SFDA Bentuk Tim Teknis Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Kamis, 25 Januari 2024 - 23:51 WIB
loading...
A A A
Dia mengharapkan sinergitas ini juga menjadi kepentingan Indonesia dalam upaya memperkuat peranan sektor halal RI terhadap dinamika ekosistem halal global yang semakin hari semakin kompetitif.

Pada Oktober 2023 lalu Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi secara resmi telah menandatangani MoU kerja sama JPH. Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Kepala BPJPH M Aqil Irham dan CEO SFDA Hisham S Aljadhey, disaksikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi Muhammad bin Salman al-Saud bertempat di Istana Yamamah, Riyadh, Kamis (19/10/2023).

Adapun ruang lingkup MoU kerja sama tersebut mencakup kesepakatan antara BPJPH dan SFDA dalam beberapa hal di antaranya, kerja sama dalam pengembangan prosedur penilaian kesesuaian, spesifikasi standar dan peraturan teknis untuk penerbitan sertifikat halal.

Kedua, kerja sama saling mengakui dan menerima sertifikat halal untuk produk yang diekspor antara kedua negara. Ketiga, kerja sama saling bertukar pengalaman dan pengetahuan di bidang pelatihan, penelitian dan analisis laboratorium produk halal. Keempat, kerja sama lainnya yang disepakati berdasarkan memorandum saling pengertian.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3214 seconds (0.1#10.140)