Dibantah Menteri LHK, Mahfud MD soal Deforestasi: Bukan Salah, tapi Beda Baca Data

Selasa, 23 Januari 2024 - 18:10 WIB
loading...
Dibantah Menteri LHK, Mahfud MD soal Deforestasi: Bukan Salah, tapi Beda Baca Data
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD buka suara terkait bantahan Menteri LHK Siti Nurbaya yang membantah angka deforestasi di Indonesia, Selasa (23/1/2024). Foto/TPN Ganjar-Mahfud
A A A
JAKARTA - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD buka suara terkait bantahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya yang membantah angka deforestasi Indonesia yang disampaikan Mahfud pada debat keempat Pemilu 2024. Mahfud menyampaikan, data yang ia paparkan tidaklah salah, melainkan hanya beda data.

"Memang betul bukan kesalahan. Perbedaan membaca data," kata Mahfud di Jalan Teuku Umar nomor 9, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyebut data yang dipaparkan Siti Nurbaya merupakan data deforestasi netto yang tercatat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Berbeda dengan Siti, Mahfud justru merujuk pada data Global Forest Watch.

"Global Forest Watch itu memotret hilangnya atau tutupan hutan dalam waktu tertentu. Sedangkan Deforestasi Netto itu merupakan deforestasi bruto dikurangi reforestasi. Sehingga sisanya seperti yang dikatakan oleh Bu Siti Nurbaya," jelas Mahfud.



Baik data yang dipaparkan Siti Nurbaya dan dirinya, kata Mahfud tidak ada yang salah. Mahfud menyebut bahwa data yang dipaparkan dirinya merupakan catatan kerusakan yang dicatat setiap tahunnya.

"Saya pakai yang Global Forest Watch itu dan tidak ada yang salah. Sama-sama benar, tinggal mau baca dari mana, bruto atau netto," tuturnya.

Saya pakai Global Forest Watch itu yang memotret itu setiap tahun. Ini rusaknya, rusaknya dalam 10 tahun, nih segini loh rusaknya," tutup Mahfud.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)