Visi Misi Mahfud MD di Debat Cawapres Ungkap 3 Hal Tentukan Masa Depan Negara

Minggu, 21 Januari 2024 - 19:59 WIB
loading...
Visi Misi Mahfud MD di Debat Cawapres Ungkap 3 Hal Tentukan Masa Depan Negara
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengungkapkan tiga hal yang menentukan masa depan bangsa Indonesia saat menyampaikan visi misi dalam debat keempat Pilpres 2024. YouTube KPU
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengungkapkan tiga hal yang menentukan masa depan bangsa Indonesia saat menyampaikan visi misi dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).

“Diskusi atau debat ini sangat penting karena menyangkut tiga hal yang akan menentukan masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bangsa Indonesia yaitu Tuhan, manusia, dan alam,” kata Mahfud.

Mahfud pun mengungkapkan bahwa tiga hal yang menentukan bangsa Indonesia juga telah ada di dalam kearifan lokal seperti di Jawa yakni Tri Hita Karana dan di Jawa Barat yakni Tritangtu.





“Di dalam kearifan lokal misalnya di Jawa dan Bali ada istilah Tri Hita Karana. Di Sunda Jawa Barat ada Tritangtu, tiga, ada Trinitas, Trisakti dan sebagainya. Di dalam kearifan lokal bangsa Indonesia sejak masa lalu sudah biasa, sudah biasa melakukan langkah-langkah untuk memberikan perlindungan atas lingkungan hidup agar lestari,” kata Mahfud.

Bahkan konstitusi Indonesia, kata Mahfud, juga menyatakan bahwa sumber daya alam itu harus dikelola dan digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Sementara pada kesempatan itu, Mahfud mengenakan kostum ramah lingkungan karya SukkhaCitta selaras dengan tema debat keempat Pilpres 2024 malam ini. Mahfud mengenakan kemeja lengan panjang warna hijau lengkap dengan syal berwarna krem, dan di bagian dada kiri bertuliskan slogan Sat-set Tas-tes dan nomor 3 di dada kanan.

Sementara itu, tema kali ini mengangkat soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. Terkait pembangunan berkelanjutan, cawapres akan diuji tentang pandangannya terkait energi dan kebijakan lingkungan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4206 seconds (0.1#10.140)