Debat Kedua Cawapres di JCC: Ini Tema, Moderator, dan Panelisnya

Minggu, 21 Januari 2024 - 07:01 WIB
loading...
Debat Kedua Cawapres di JCC: Ini Tema, Moderator, dan Panelisnya
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD saat Debat Kedua Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, 22 Desember 2023. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Debat cawapres akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024 malam di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Debat kali ini merupakan yang kedua bagi para calon wakil presiden (cawapres) yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar lima kali debat Pilpres 2024 . Debat pertama yang mempertemukan tiga calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo digelar pada 12 Desember 2023 di Gedung KPU RU. Debat kedua Pilpres 2024 mempertemukan tiga calon wakil presiden (cawapres) digelar pada 22 Desember 2023 di JCC.

Selanjutnya, ketiga capres kembali beradu gagasan pada debat Pilpres 2024 yang digelar 7 Januari 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Pada 21 Januari 2024 malam ini di JCC akan digelar debat keempat Pilpres 2024 yang kembali mempertemukan cawapres. Debat kelima Pilpres 2024 akan digelar 4 Februari 2024. Debat terakhir ini akan diikuti oleh capres.



Jelang debat cawapres 21 Januari 2024 malam, KPU telah menentukan tema, panelis, dan moderator. Berikut ini ulasannya.

1. Tema


Dikutip dari laman KPU, tema debat kali ini dilakukan penataan menjadi 6 tema. Keenam tema tersebut yakni Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup (tema pertama), Sumber Daya Alam dan Energi (tema kedua), Pangan (tema ketiga), Agraria (tema keempat), Masyarakat Adat (tema kelima), dan Desa (tema keenam).

2. Moderator


Berbeda dengan tiga debat Pilpres 2024 sebelumnya yang menampilkan seorang pria dan wanita sebagai moderator, pada debat kali ini dua moderator adalah wanita. Keduanya adalah Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV.

Diketahui, pada debat pertama yang menjadi moderator adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Pada debat kedua, yang menjadi moderator adalah Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Selanjutnya, Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki menjadi moderator debat ketiga.

3. Panelis


KPU juga telah menetapkan 11 penelis yang akan menggodok dan menyiapkan pertanyaan kepada Muhaimin, Gibran, dan Mahfud. "Jadi kami sudah mendapatkan nama dan kesediaan 11 orang panelis yang mewakili profil, kompetensi, pengalaman berdasarkan kebutuhan tema-tema debat," ujar Komisioner KPU August Mellaz.



Berikut ini nama 11 panelis tersebut:
1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).
2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).
3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).
4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).
5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform).
6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanaan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).
7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).
8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat).
9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015).
10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).
11. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institut Teknologi Bandung).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)