Ziarah ke Makam Bhatara Katong di Ponorogo, Ganjar: Belajar dari Sejarah agar Kita Bijaksana

Jum'at, 19 Januari 2024 - 21:15 WIB
loading...
Ziarah ke Makam Bhatara Katong di Ponorogo, Ganjar: Belajar dari Sejarah agar Kita Bijaksana
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Bhatara Katong dan Kiai Ageng Muhammad Besari bin Kiai Ageng Anom Besari saat safari politik ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024). FOTO/MPI/MUHAMMAD REFI SANDI
A A A
PONOROGO - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Bhatara Katong dan Kiai Ageng Muhammad Besari bin Kiai Ageng Anom Besari saat safari politik ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

Ganjar mengatakan, ziarah kubur di Ponorogo bisa dijadikan pelajaran tentang perjalanan panjang sejarah masa lalu dan lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan.

"Ternyata sejarahnya panjang. Ya mudah-mudahan kita selalu bisa belajar dari masa lalu, dari sejarah agar kita bijaksana," kata Ganjar.



Untuk diketahui, Bhatara Katong merupakan tokoh pendiri Kabupaten Ponorogo sekaligus adipati pertama. Bhatara Katong juga turut menyebarkan Islam di tanah Ponorogo kala itu.

Sementara, Kiai Ageng Muhammad Besari merupakan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Tegalsari, salah satu Ponpes tertua di Indonesia yang berdiri pada 1680.

Adapun tokoh yang tumbuh dari lingkup Kiai Ageng Besari seperti Pakubuwono II (Sultan Kartasura), Raden Ronggowarsito (Begawan Kasultanan Kartasura dan pujangga), dan HOS Cokroaminoto (Tokoh Pergerakan Nasional Raja Jawa tanpa Mahkota).



Kelak dari ketiga tokoh itulah yang menginspirasi Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Ir Soekarno dalam memperjuangkan dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keilmuan Kiai Besari juga sampai pada pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan, hingga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)